Rekor Indonesia Pada Perhelatan SEA GAMES 2021

sea games 2021

Hai YOTers, ajang olahraga tergengsi dan terbesar di asia memasuki hari terakhir. SEA (Southeast Asian) GAMES 2021 dilaksanakan di Vietnam, Hanoi pada tanggal 12 – 23 Mei 2022. Setelah tertunda selama setahun karena dilanda Covid-19, pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini akan berakhir pada 23 Mei. Diikuti oleh 11 negara dengan ribuan atlet yang berlomba dan berkompetisi untuk meperebutkan medali emas.. Terdapat 40 cabang olahraga dan akan ada 526 medali emas yang akan direbutkan.

Vietnam memimpin di puncak klasemen perolehan 205 medali emas, 125 perak dan 116 perunggu, disusul dengan thailand dan Indonesia diurutan ke tiga, dengan perolehan 69 medali emas, 91 perak dan 81 perunggu. Diantara banyak cabang olahraga yang ditandingkan, Indonesia mencetak beberapa rekor di SEA GAMES 2021 kali ini, apa aja, simak berikut ini:

1. Medali Emas Pertama Untuk Timnas Basket Putra

Rekor pertama yang dicetak Indonesia berasal dari cabang olahraga basket putra. Timnas Basket Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dan mendapatkan medali emas setelah mengalahkan Timnas Filipina dengan skor 85-81. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia memenangkan dan mendapatkan medali emasi pada cabor Basket Putra di ajang pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara sejak pertama bergulir pada tahun 1977. Bravo Timnas Indonesia!

2. Cabor Menembak dan Mendayung Menyumbang Medali Emas Terbanyak

2 cabang olahraga ini menjadi penyumbang medali emas terbnayak di ajang SEA GAMES 2021. Total Tim Menembak Indonesia mendapatkan 8 emas, 6 perak, dan 2 perunggu jumlah tersebut melampaui pencapaian di SEA Games 2019. Begitu juga dengan cabang olahraga Dayung, berhasil membawa pulang 8 medali emas dan 6 medali perak.  Dengan demikian 2 cabang olah raga ini menyumbangkan medali emas terbanyak.

3. Medali Emas Untuk Renang Putri Setelah Puasa Medali Emas Selama 11 Tahun

11 tahun lamanya cabang olahraga renang putri berpuasa, akhirnya di tahun ini pada perhelatan SEA GAMES 2021 perenang putri Indonesia, Masniari Wolf  berhasil membawa pulang medali emas. Atlet renang yang baru berusia 17 tahun ini berhasil meraih waktu tercepat yakni 29,210 detik di nomor 50 meter gaya punggung putri.

Bravo Indonesia, Bravo Masniari Wolf!

4. Perenang Putra Indonesia Memecahkan Rekor

Harvey Hubert, perenang putra asal Indonesia berhasil membawa medali emas di cabang olahraga fin swimming putra dan menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 43,510 detik. Atas hasil ini Harvey Hubert sukses memecahkan rekor SEA GAMES 2021 untuk nomor sirip ganda.

5. Pecahkan Rekor Nasional di Debut SEA GAMES

The last but not the least adalah perenang putri Indonesia yaitu Flairene Candrea yang berhasil menyumbang medali emas di nomor 100 meter gaya punggung putri SEA Games 2021. Flairene berhasil mencatat rekor tercepat  dengan waktu 1 menit 3,36 detik di nomor 100 meter gaya punggung putri. Catatan ini memecahkan rekor nasional milik Nurul Fajar dengan 1 menit 3,47 detik.

Itu dia YOTers beberapa rekor dan prestasi yang Indonesia pecahkan pada perhelatan SEA GAMES 2021. Selamat buat para pejuang dan perwakilan Indonesia yang telah berjuang mengharumkan nama Indonesia di perhelatan SEA GAMES 2021, Selamat dan terima kasih! Sukses terus tim Indonesia, semangat and See you on top!

YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!