Rumah Adat yang Hampir Punah di Indonesia

Hai YOTers, tahukah kalian bahwa rumah adat di Indonesia sangat beragama. Mengapa? karena Indonesia merupakan negara yang memilki banyak pulau, kaya akan suku dan budaya. Saat ini, manusia lebih memilih rumah bergaya modern, hingga akhirnya menyebabkan rumah-rumah adat semakin punah. Terdapat 3 rumah adat yang hampir punah di Indonesia.

1) Rumah Adat Krong Bade dari Aceh
Rumah adat ini berbentuk persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat, bahan dasar rumah adat ini diambil langsung dari alam. Dinding rumah adat ini terbuat dari kayu enau lalu dihiasi dengan lukisan sedangkan untuk atapnya terbuat dari daun rumbia.

2) Rumah Adat Bolon dari Sumatera Utara
Rumah adat bolon tergantung jenis suku bataknya dan berbentuk persegi panjang seperti rumah panggung yang terdiri dari banyak tiang penyangga dengan tinggi 1,75 meter, untuk masuk ke dalam rumah adat ini harus menaiki tangga dengan jumlah yang ganjil.

3) Rumah Adat Bubungan Lima dari Bengkulu
Rumah adat ini memiliki atap yang bertumpuk-tumpuk. Arsitektur rumah adat ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu bagian atas, tengah dan bawah, dimana setiap bagian memiliki filosofi hidup masyarakat setempat.

Kita sebagai masyarakat Indonesia harus dapat melestarikan budaya, agar anak cucu kita dapat melihat dan menikmati berbagai budaya di Indonesia.