Saya Siap Menghadapi dan Beradaptasi Dengan The New Normal

Hi YOTers,

Hari ini, Senin 25 Mei 2020 tepatnya pukul 07.17 WIB saya mencatat artikel ini. Kali ini saya ingin sharing apa yang akan saya lakukan sehinga saya siap menghadapi dan beradaptasi dengan The New Normal yang sudah di depan mata ini. Tidak bisa kita pungkiri bahwa mahluk tuhan tak kasat mata Covid-19 ini telah “menghacurkan” dan mengubah semua yang sudah manusia rencanakan.

Dengan kondisi demikian, lantas apa yang harus kita lakukan. Berdiam diri meratapi semua ketidakpastian ini atau bergerak dan merencanakan kembali dengan sesuatu kenormalan yang baru? dua duanya pilihan, karena dua dua nya punya konsekuensinya.

Lalu, apa yang saya pilih? Pilihan yang sangat mudah untuk saya putuskan. Semua bisnis saya di beberapa bidang mengalami penurunan yang sangat drastis, bahkan ada yang tutup untuk sementara waktu, diluar bisnis pribadi perusahaan tempat saya bekerjapun mengalami hal yang sama. Dikarenakan dampak tersebut, bergerak dan mulai merencanakan dan mengeksekusi sesuatu yang baru menjadi pilihan yang mau tidak mau harus saya lakukan.

Mulai dari mana saya harus dapat menganalisa agar bisa memutuskan dan merencanakan sesuatu yang tepat?

  • List asset apa saja yang kita milikin saat ini. Ingat ya, aset tidak hanya sesuatu yang berupa harta benda, tetapi asset dalam kontek yang lebih luas lagi. Sebagai contoh asset yang perusahaan saya milikin saat ini yaitu skills dari talent/karyawan, digital assets seperti social media dan website, offline dan online event, community dan merchandise. Nah dari semua assets tersebut bagaimana agar bisa optimal dan saling bersinergi satu sama lain, sehingga tidak ada assets yang tidak produktif. Sedangkan contoh assets secara pribadi yang saya milikin saat ini, seperti logam mulia, tabungan/deposito, saham, bisnis FnB, konstruksi, MCK dan beberapa uang yang saya investasikan di beberapa bisnis lainnya, bagaimana agar bisa dioptimalkan sehingga bisa saling menutupi bisnis lain yang tidak bisa well perfomed karena kondisi covid-19 ini.
  • Setelah kita list assets apa saja yang kita milikin, lihat dalam paper yang lebar apa yang bisa dioptimalkan dari setiap asset tersebut. Sebagai contoh, saat ini bisnis konstruksi saya sedang stop beroperasi artinya ada modal yang tidak berputar alias ngendap di rekening perusahaan, sayapun mengambil sebagian modal tersebut ditambah tabungan yang ada untuk saya optimalkan di bursa saham. FYI, saat ini nilai lembar saham di Bursa seperti roller coaster, naik turun yang luar biasa, sehingga saya bisa bermain dilantai bursa, dan alhamdulilah selama lebih dari 2 bulan saya jadi trader disana, profit yang saya dapetin sudah bisa untuk beli 1 ayla yang baru (heheheh).
  • Setelah kita list apa saja cara untuk mengoptimalkan assets tersebut, lakukan eksekusi dengan regular evaluasi sehingga kita bisa segera mengetahui apakah yang kita lakukan sudah tepat atau belum, sehingga kita dapat melakukan penyesuaian lagi.
  • Dan yang terakhir, selain kita bisa memanfaatkan assetes diatas, jangan pernah SKIP untuk mengoptimalkan assets terbesar yang kita milikin yaitu waktu. kita semua sama, punya waktu 24 jam, sehingga yang membedakan bagaimana cara mengoptimalkan waktu 24 jam tersebut. Saya sendiri sudah membuat New Daily Activites yang akan saya kerjakan per tanggal 26 Mei besok.

So YOTers, believe or not energi saya untuk menghadapi hari esok sangatlah besar, sangat excited menghadapi tantangan baru dan kenormalan yang baru. Yuk, sama sama kita bergerak untuk sesuatu pencapaian yang baru 🙂

Anyway, SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI – MOHON MAAF LAHIR BATHIN

 

Salam

IG : @riki_son

Youtube : Rikison Daily