Sekarang #SemuaBisaLive dengan Kehadiran Fitur User-generated Content di IDN Live

Saat ini, popularitas live streaming semakin meningkat, khususnya di kalangan Gen Z di Indonesia. Berdasarkan riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute, Gen Z lebih suka mengonsumsi konten dengan format konten berbasis video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua dengan persentase 13% setelah video-based content (75%). Meningkatnya popularitas live streaming di kalangan Gen Z di Indonesia memunculkan semakin banyak insan-insan kreatif yang menjadi content creator yang semakin meramaikan platform-platform live streaming. Meningkatnya popularitas live streaming dan potensinya di masa depan memotivasi platform live streaming IDN Live untuk terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur terbaru agar dapat mendukung kenyamanan para penggunanya, termasuk content creator.

Menyambut awal tahun 2023, IDN Live kembali mengembangkan konten live streaming-nya dengan menghadirkan user-generated content (UGC) feature. Dengan adanya fitur UGC, IDN Live ingin membuka kesempatan seluas-luasnya kepada semua orang, khususnya content creator dan streamer dari kalangan Gen Z di Indonesia untuk dapat lebih leluasa berekspresi dan melakukan live streaming di IDN Live.

UGC feature yang diluncurkan IDN Live memiliki beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi sejenisnya. Salah satunya adalah persyaratan yang lebih mudah untuk bergabung menjadi streamer di IDN Live. Para pengguna yang ingin menjadi streamer di IDN Live hanya perlu mengirimkan satu virtual gift khusus (Tiket Emas) untuk bisa memulai live streaming-nya di IDN Live.

Selain UGC feature, IDN juga menghadirkan fitur baru lainnya, yaitu referral dan redemption. Program referral memberi kesempatan bagi para pengguna IDN untuk mendapatkan poin dengan mengajak teman-temannya untuk ikut menggunakan aplikasi IDN. Lalu melalui program redemption pengguna bisa menukarkan poin yang mereka miliki menjadi uang tunai. Poin yang sudah ditukarkan pun akan secara otomatis masuk ke rekening atau dompet digital pengguna. Diharapkan, segala kemudahan ini dapat meningkatkan loyalitas para pengguna IDN serta memberikan kesempatan bagi banyak anak muda berbakat untuk berkreasi di IDN Live.

“Live streaming memiliki potensi besar untuk meningkatkan personal branding content creator, membuka kesempatan yang lebih luas untuk berkarya, bahkan hingga berkolaborasi dengan brand dan menambah penghasilan mereka, serta menjadi tren dalam mempromosikan barang dan jasa di masa depan. Melalui aplikasi IDN, IDN Live berkomitmen membuat live streaming menjadi sesuatu yang mudah, dekat dengan masyarakat dan juga menyenangkan sehingga kami meluncurkan fitur-fitur terbaru yaitu fitur UGC, redemption, dan referral. Kami berharap IDN Live bisa menjadi platform bagi streamers dan content creators di Indonesia dan kita bisa bertumbuh bersama mereka. Kami juga berterima kasih kepada tim Product, tim Engineering, tim IDN Platform, dan tim lainnya di IDN Media yang telah mendukung terwujudnya UGC feature ini.” ungkap Head of IDN App, Zefanya Deby.

“Melalui berbagai teknologi yang dikembangkan, tim Engineering IDN Media berkomitmen memberikan solusi kepada para pengguna aplikasi IDN agar dapat merasakan pengalaman live streaming yang menyenangkan dan mudah digunakan. Harapannya dengan peluncuran fitur UGC, redemption, dan referral, para pengguna dapat terus berkarya secara positif untuk mengembangkan kreativitasnya.” ungkap Senior Head of Engineering IDN Media, Adhitia Putra Herawan.

“Melalui fitur ini, kami berharap IDN Live dapat menjadi platform di mana semua orang bisa mengekspresikan kreativitas mereka dan berinteraksi secara langsung dengan audiens dalam format live streaming. Kami percaya akan ada lebih banyak content creator baru yang muncul melalui IDN Live untuk menghadirkan konten-konten yang menghibur dan bermanfaat untuk seluruh Millennial dan Gen-Z di Indonesia.” ungkap Head of Product IDN Media, Ariel Aulia Widjaja.

Untuk dapat memanfaatkan UGC feature dan berbagai fitur menarik lainnya, pengguna bisa mengunduh aplikasi IDN di Google Play dan App Store atau melakukan update aplikasi IDN yang sudah ada di perangkat masing-masing.