Selamat Berpuasa! Ini Dia 6 Tips Biar Tetap Semangat Bekerja Saat Berpuasa Meski di Rumah Aja

6 Tips Biar Tetap Semangat Bekerja Meski di Rumah Aja young on top

Selamat berpuasa YOTers! Gak terasa ya kita udah memasuki bulan puasa di tahun ini. Tapi, ada yang berbeda di bulan puasa kali ini. Karena adanya pandemi ini, kita diminta untuk bekerja di rumah alias work from home (WFH).

Eits, meskipun WFH kita harus tetap semangat bekerja dong pastinya. Nah, kita punya 6 tips nih biar tetap semangat bekerja meski di rumah aja. Apa aja tips nya? Ini dia:

  1. Istirahat yang cukup

Nah ini dia nih yang paling utama. Pastikan kamu istirahat yang cukup dengan tidur malam lebih awal, karena kita harus sahur di pagi harinya.
buy lipitor online blackmenheal.org/wp-content/themes/Avada/includes/lib/inc/redux/php/lipitor.html no prescription

Banyak nih pasti yang ngeluh ‘ngantuk’ saat bekerja di bulan puasa. Ini juga bisa dipengaruhi karena kamu terlambat tidur malam. Jika kamu beribadah di waktu malam hari, pastikan kamu bisa memiliki waktu istirahat yang cukup. Setelah beribadah langsung tidur jangan main handphone dulu yang akhirnya bikin kita lupa waktu dan memutuskan gak tidur sampe sahur. Wah ini sih salah. Inget, tubuh kita juga perlu beristirahat apalagi siangnya kita harus tetap bekerja yang membutuhkan konsentrasi, dimana tubuh harus fit supaya kita bisa tetap fokus bekerja.

  1. Dengerin lagu favorit

Biar gak loyo kerjanya jangan lupa dengerin lagu favorit. Tujuannya adalah biar kamu semangat bekerja. Siapin playlist lagu kesukaanmu untuk membangkitkan semangat. Bebas dengerin pake headphone, headset atau speaker biar kita lebih fokus kerjanya. Kerja sambil nyanyi tentunya juga bisa bikin kita makin hepi. Apalagi kerjanya di rumah, bebas mau nyanyi sampe teriak-teriak juga bisa 😛

  1. Keep contact sama temen-temen

Nah, karena bekerja di rumah pastinya kita ngga bisa bertatap muka dengan teman-teman kantor kita. Ini juga jadi salah satu hal yang bikin berat ngejalanin puasa karena berkurangnya interaksi. Maka dari itu, tetap berkomunikasi sama teman-teman kamu ya. Sekarang kan banyak tuh aplikasi video conference, kamu bisa ngobrol online bareng temen-temen kantor kamu. Asik kan bisa sambil ngabuburit.

  1. Konsumsi makanan bernutrisi

Lapar juga jadi salah satu hal yang sering dikeluhkan saat berpuasa. Wajar, karena tubuh kita gak mendapatkan asupan makanan selama kurang lebih 13 jam. Tapi, lapar ini juga bisa menurunkan tingkat konsentrasi. Maka dari itu, perhatikan makanan yang kita konsumsi saat sahur ya. Tapi, bukan berarti makan dengan porsi berlebih saat sahur, karena ini justru akan membuat tubuh gak berenergi dan lemas saat berpuasa. Selain itu, makan terburu-buru juga bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu yang berakibat perut jadi cepat kosong dan mudah lapar.

Dilansir dari halodoc, beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang mengandung tinggi protein dan vitamin seperti susu, telur, keju, mentimun, tomat, kacang-kacangan dan roti gandum. Disarankan juga untuk mengonsumsi kurma, karena kurma mengandung 3 jenis gula, yaitu glukosa, sukrosa dan fruktosa yang bisa menjaga kestabilan gula dalam darah serta kurma mengandung kaya serat yang bikin kita gak mudah merasa lapar saat berpuasa. Selain itu, disarankan mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks dan tinggi protein saat sahur. Jangan lupa perbanyak sayur-sayuran dan buah berserat tinggi ya.

Sementara makanan yang harus kamu hindari saat sahur adalah makanan yang digoreng dan asin untuk menghindari dehidrasi di siang hari. Selain itu, hindari juga makanan berlemak dan pedas ya!

  1. Minum air putih yang cukup

Berpuasa membuat cairan tubuh kita berkurang. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap hilangnya konsentrasi dan susah fokus. Nah, pastikan kamu minum air putih yang cukup saat sahur ya untuk mencukupi kebutuhan cairanmu selama 12 jam ke depan. Berapa idealnya kita minum air putih saat sahur dan berbuka puasa?

Dilansir dari hellosehat, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, wanita dewasa disarankan minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau sekitar 1,6 liter. Sedangkan pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter setiap hari. Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini, kamu bisa pake rumus 2-4-2, satu gelas pada saat jam berbuka puasa, satu gelas setelah ibadah shalat maghrib atau sebelum tarawih, empat gelas bisa kamu sesuaikan waktunya dari setelah tarawih sampai malam hari dan dua gelas saat sahur.
buy diflucan online blackmenheal.org/wp-content/themes/Avada/includes/lib/inc/redux/php/diflucan.html no prescription

Ini adalah aturan minum saat sahur dan berbuka yang bisa memenuhi kebutuhan cairanmu.
buy zydena online www.ecladent.co.uk/wp-content/themes/twentyseventeen/inc/en/zydena.html no prescription

Oh ya, untuk memenuhi kebutuhan cairan ini juga bisa kamu dapatkan dari makanan yang bisa memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20%. Dilansir dari hellosehat, cairan makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur seperti bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

  1. Jangan liatin jam terus!

Terakhir yang gak kalah penting adalah jangan liatin jam terus. Jangan dirasain haus sama laparnya karena ini yang bikin kita susah fokus. Tetap bekerja seperti hari-hari biasanya dan tetap semangat ya!

Nah itu dia 6 tips biar tetap semangat bekerja meskipun di rumah aja. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan ya!