[SHORT STORY] Don’t Say My Name

https://id.pinterest.com/pin/475974254378965848/

Don’t say my Name
By
Janika Sri Ayumi

 

“Pada suatu hari” adalah kalimat paling klise yang sering dipakai untuk memulai sebuah cerita. Tapi, apa peduliku?

Pada suatu hari, aku bertemu seseorang yang tidak pernah ingin memberitahu namanya. Dia membiarkan orang-orang memanggilnya dengan nama, atau sebutan yang berbeda-beda. Aku penasaran kenapa dia melakukan itu. Siapa nama aslinya? Mengapa dia menyembunyikan nya?

Aku selalu menanti waktu yang tepat untuk bertanya padanya. Sampai suatu ketika, aku mendapatkan kesempatan itu.

Aku memaksa dia memberitahu nama aslinya padaku, meskipun awalnya ia berusaha menghindariku selama berhari-hari.

Namun, karena kegigihan dan rasa penasaranku, akhirnya dia menyerah dan berkata padaku untuk menemuinya di sebuah taman kota jam 4 sore.

Hari itu, aku menemuinya.

“Kau tahu, sebenarnya aku takut dengan nama asliku karena ibuku berkata jika namaku adalah sebuah kutukan. Jika kau tidak sengaja menyebut namaku, maka kau akan dapat kutukan itu. Aku tidak akan bertanggung jawab dengan apa yang terjadi, apakah kau masih mau tahu nama asliku?”

Aku setengah tertawa mendengar penjelasan konyolnya.

Dasar aneh.

Kutukan macam apa yang bisa diberikan oleh sebuah nama? Mana ada orang tua yang mau menamai anak mereka dengan nama kutukan.

Mungkin dia tidak ingin memberitahu namanya karena namanya terlalu konyol, atau kemungkinan terburuknya adalah dia seorang buronan? Entahlah, hal itu malah membuatku semakin penasaran.

Dia menggoreskan hurufnya satu persatu, menggunakan ranting yang ia temukan asal pada pasir yang ada di sana

“Aku peringatkan sekali lagi. Jika kau mengucapkannya dalam hati, maka tidak akan ada masalah. Tapi jika kau menyebut itu dengan mulutmu. Maka kutukannya akan datang.”

Aku mengangguk tidak sabar. “Cepat tulis saja,” kataku.

Sampai akhirnya dia menulis huruf terakhir dari namanya. Karena namanya terlalu aneh dan susah dibaca, secara tidak sadar aku mengejanya secara perlahan.

Hal itu menjadi ingatan terakhirku. Hingga hari ini, aku menyuruh orang-orang untuk memanggilku dengan sebutan apa saja, karena aku bahkan lupa dengan namaku sendiri.

 

FIN

 

 

Source Pic : https://id.pinterest.com/pin/475974254378965848/