Si Kecil Hijau yang suka bikin Panik

Hii YOTers

Apa kabarnya? Saya harap semua dalam kondisi sehat wal afiad. Ada yang tau gak sih apa itu “Si Kecil Hijau yang suka bikin Panik”? yang saya maksud disini adalah tabung gas 3kg. Tabung gas 3kg ini adalah alat yang sangat menjadi kebutuhan sehari – hari di rumah tangga atau pun untuk para penjual. Fungsinya jelas sebagai bahan penghasil api untuk masak sehari – hari. Dya kecil, berwarna hijau, tidak jarang bahkan banyak yang bentuknya udah gak karuan karena karat.

Seperti fungsinya, tabung gas 3kg ini barang yang cukup berbahaya jika salah – salah dalam penggunaan karena bahan gasnya yang mudah terbakar dan bisa meledak dengan besar tekanan tertentu. Makanya cukup banyak kasus terjadi karena kurangnya pengetahuan akan cara pemakaian tabung gas ini. Pemerintah dan pertamina pun sebetulnya sudah memiliki alat yang memang menjadi pasangan dari tabung gas 3kg ini yaitu alat regulator gas dan selang. Tapi bagaimana ya jika terjadi kebocoran pada tabung? Pastinya membuat kita panik dan takut terjadi sesuati yang tidak diharapkan.

Maka dari itu saya akan sharing bagaimana sih cara penanganan Si Kecil Hijau yang suka bikin panik ini jika terjadi kebocoran, berikut penjelasnnya :

1.Bawa tabung keruang yang lebih terbuka

Saat terjadi kebocoran dengan tanda – tanda berbunyi, tabung terasa dingin & pengeluarkan bau gas yang menyengat, tidak perlu panik. Kita hanya perlu jauhkan dari jangkauan anak kecil, dari percikan api dan bawalah tabung gas tersebut keluar rumah / ruangan yang terbuka.

2. Siapkan ember berisikan air

Setelah dibawa keruangan terbuka, siapkan lah ember yang diisikan air lalu masukan tabung gas tersebut kedalamnya agar kita dapat mengidentifikasi disebelah manakah kebocoran itu muncul. Biasanya ditandai dengan buih – buih udara yang keluar didalam air.

3. Titik kebocoran & cara menanggulanginya

Ada beberapa titik kebocoran yang dijumpai pada tabung yang bocor, yaitu :

  • Pada lubang besi kuningan;

Jika kebocoran keluar dari lubang corong besi kuningan bagian atas tidak perlu panik, kalian hanya perlu ambil obeng atau bisa memakai kunci motor lalu masukan ke lubang besi kuningannnya tersebut dan tekan sampai gasnya keluar. Biasanya jika kebocoran pada titik ini , itu disebabkan karena per bagian dalam besi kuningan nyangkut dan mengakibatkan tidak tertutup dengan benar yang menyebabkan gas keluar dari tabung.

  • Sambungan atar besi kuningan dan badan tabung;

Jika kebocoran keluar dari selah sambungan antar besi kuningan dan badan tabung, kalian bisa menggunakan sabun batang atau lilin mainan yang bisa kalian leburkan dan kalian sumbatkan pada bagian yang mengeluarkan gas, disarankan dibuat seputaran dari besi kuningan tersebut ya agar dapat memaksimalkan menghambatnya jalur keluar gas dari tabung.

  • Lubang pada badan tabung.

Kebocoran pada badang tabung ini juga sering terjadi, itu dikarenakan kondisi tabung yang sudah karat yang akhirnya merusak badan tabung menjadi terkikis dan bolong. Jika ini terjadi kalian hanya perlu menyiapkan sabun barang atau lilin mainan leburkan dan sumbat dengan sabun batang/lilin mainan tersebut dibagian yang bolong atau bocor.

4. Setelah aman tidak berbunyi & berbau

Setelah Langkah – Langkah diatas sudah selesai dan sudah tidak berbunyi dan berbau silahkan menukar tabung gas 3kg anda ke agent atau penjual gas tersebut.

 

Baik lah demikian artikel ini saya tulis, semoga dapat bermanfaat dan membuat kita dapat meminimalisir efek dari kebocoran tabung gas 3kg.

Kesimpulannya , hal yang berbahaya dapat kita minimalisir resikonya dengan treatment yang baik dan benar.

 

Saya Akmal,

Human Capital Staff Young On Top