Suka Heran Kenapa Goals Kamu Gak Tercapai? Mungkin 4 Kebiasaan Buruk Ini Penyebabnya

Hai YOTers! Udah mau akhir tahun aja nih, coba deh kamu liat resolusi tahun ini yang kamu buat di awal tahun, apa udah tercapai semua atau justru belum ada yang tercapai satu pun?

 

Kalo belum ada yang tercapai, bisa jadi kualitas dirimu yang gak berkembang. Jadinya segala tujuan yang mau kamu gapai, malah cuma jadi sekadar angan-angan. Tapi kenapa ya bisa gak tercapai? Apa benar karena “takdir” atau beberapa kebiasaan buruk ini jadi penyebabnya? Yuk evaluasi, kamu punya kebiasaan buruk ini atau enggak:

 

  1. Menunda-nunda pekerjaan

Kebiasan tarsok (entar-besok) bisa jadi penyebab utama. Jangan anggap enteng setiap tugas yang kamu punya ya. Waktu setahun itu gak berasa lho, YOTers. Menunda-nunda pekerjaan juga bikin pekerjaan kamu menumpuk. Al hasil kamu jadi keteteran sendiri dan gak berhasil menyelesaikannya dengan baik.

 

 

  1. Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain

 

“Duh, dia kok keren banget ya”

“Apalah aku dibandingkan dengan dia, cuma sebutir debu di jagat raya.”

 

Kebiasaan lain yang bisa membuat goals kita gak tercapai adalah karena kita terlalu sibuk ngebandingin diri kita sama orang lain, sampai lupa tujuan dan fokus utama kita. Ingat ya YOTers, membandingkan diri kita dengan orang lain gak akan pernah ada habisnya. Daripada energi kamu kebuang percuma, lebih baik fokus kembangin potensi yang kamu.

 

  1. Bilang gak bisa, padahal belum mencoba

Kebiasaan buruk lainnya adalah pesimistis dan gak mau mencoba hal baru. Gimana goals kamu mau tercapai, kalo kamu aja gak berani ambil risiko? Pikirannya udah negatif duluan. Padahal, kamu gak selemah itu. Ayo, stop kebiasaan ini. Ambil tantangan dan peluang yang ada di depan kamu. Yuk bisa yuk!

 

  1. Berburuk sangka sama orang lain

Ketika ada orang lain yang udah lama gak berjumpa atau komunikasi sama kita dan tiba-tiba aja menghubungi kita, apa yang terlintas dipikiran kamu? Apakah kamu akan berpikir begini:

 

“Wah kenapa nih orang, pasti ada maunya” atau mungkin “Pasti mau minta tolong nih.”

 

Kalo kamu punya kebiasaan kayak gini, yuk di stop. Gak semua orang yang menghubungi kamu itu punya maksud tertentu. Kamu gak pernah tau, kali aja jalan kamu menggapai goals kamu dari orang tersebut. Jadi stop kebiasaan berburuk sangka ini ya.

 

Nah, itu dia YOTers 4 kebiasaan buruk yang mungkin gak kita sadari yang menjadi penghambat tercapainya goals kita. Gak ada kata terlambat untuk berubah, kalo kamu punya kebiasaan buruk tersebut, yuk mulai sekarang dihilangkan. Tetap berpikir positif dan fokus pada tujuan kamu. Semangat YOTers