Tips Agar Badan tetap Sehat

Hi YOTers!

Perkenalkan, saya Aria Aji Kusuma, biasa disapa Aji, Community Coordinator Young On Top Indonesia.

Akhir-akhir ini pandemi virus Covid-19 semakin meresahkan, banyak para siswa yang sekolahnya menganjurkan siswanya belajar dari rumah begitupun mahasiswa yang kampusnya juga menganjurkan kuliah dirumah tanpa tatap muka atau istilahnya kuliah online. Bagi para semester akhir ini menjadi bencana karena menyulitkan mencari referensi dalam menyusun tugas akhir dan dibayang-bayangi sidang online dan setelah lulus wisudanya pun ditunda gara-gara virus Covid-19 ini.

Para pekerja juga banyak yang dianjurkan oleh perusahaannya untuk bekerja dari rumah, sungguh beruntung dibanding pekerja yang di PHK akibat perusahaan yang collapse akibat Covid-19 atau para pekerja harian yang sangat sulit mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bicara soal kegiatan dirumah, baik yang sedang belajar, bekerja atau memanage bisnisnya secara online tentunya penting menjadi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama pandemi ini dan terhindar dari Covid-19, dan berikut 5 tips sederhana yang bisa kamu aplikasikan dirumah:

  • Olahraga Teratur

 

Olahraga pasti sangat penting baik saat ada pandemi ini atau tidak. Olahraga disaat Work from Home seperti saat ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti push up, sit up, pull up dan stretching. Jika mempunyai video atau musik senam ala senam SKJ juga bisa menjadi pilihan senam asik dirumah.

  • Minum Jamu

Sudah menjadi bwarisan turun temurun dan budaya Indonesia, untuk menjaga badan agar tetap sehat adalah dengan minum jamu. Zaman modern seperti sekarang, banyak jamu yang dikemas dengan modern, cukup tinggal seduh atau dikemas dalam kemasan siap minum lebih praktis dibanding menuggu mbak jamu yang lewat depan rumah kita, tetapi jamu keliling mempunyai khasiat alami dan lebih dipercaya menjaga kebugaran tubuh bagi sebagian masyarakat

  • Tidur Teratur

Dengan ada himbuan untuk melakukan #DirumahAja untuk segala aspek kegiatan, kita harusnya bisa mempunyai banyak kesempatan untuk memaksimalkan waktu jam tidur kita yang berkisar minimal 7-8 jam per hari. Fun factnya tidur sangat membantu dalam memelihara kesehatan tubuh, ibaratnya mesin, tubuh kitapun harus diberi rehat sejenak agar terus optimal kedepannya.

  • Makan Sayur

Sayur sudah dipercaya ajaib dalam menjaga kesehatan tubuh. Saat kita masih kecil dulu, Ibu sering bilang saat menyuapi saya disuatu sore “ayo makannya pake sayur, biar sehat, ngga gampang sakit dan cepet besar” mungkin perkataan beliau hanyalah buaian kasih sayang agar anaknya mau makan dan mencintai sayuran. itu terbukti saya menjadi suka sayur, kalau makan tidak pakai sayur rasanya kurang dan tubuh mulai terasa sakit.

  • Perbanyak Cuci Tangan

Semenjak virus Covid-19 ini merebak, anjuran untuk sering cuci tangan semakin kencang terdengar. memang itu adalah hal baik yang harus dilakukan sebelum dan sesudah kita melakukan sesuatu. terlihat sepele memang, tapi percayalah tangan adalah sumber dari segala penyakit jika kita tidak rajin membersihkannya dengan mencuci tangan setiap saat.

Demikian Tips Agar Badan tetap Sehat ala saya, see you on top!

Aria Aji Kusuma