Tips Menjadi Seorang Freshgraduate yang Siap Memasuki Dunia Kerja

Kebayang gak sih ketika sudah lulus ada berapa banyak teman yang senasib yaitu menjadi jobseeker. Yaaa itulah hal pertama yang biasanya dipikirkan. Nah tentunya persaingan mencari pekerjaan juga begitu banyak bahkan sampai ribuan orang yang mungkin mendaftar di posisi kerja yang sama. Lalu apakah mungkin kita bisa bersaing dengan ribuan orang tersebut?? Waah ini, kita tentunya harus optimis, harus selalu berpikir positif kalau kita bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok buat kita. Untuk  teman-teman yang sedang kuliah atau sekolah, ada beberapa tips nih agar kamu ketika lulus nanti sudah cukup siap memasuki dunia kerja

 

  1. Berorganisasi

Untuk sebagian orang ada yang sangat malas untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di kampus seperti organisasi. Wah padahal tidak bias dipungkiri bahwa organisasi itu penting banget loh dimiliki, karena ketika nanti melamar pekerjaan ada banyak perusahaan yang memasukkan kolom pengalaman organisasi sebagai salah satu persyaratan. Pengalaman organisasi akan menjadi nilai tambah di CV (curriculum vitae) ketika dilihat oleh recruiter, dengan organisasi berarti menandakan bahwa kita menjadi orang yang cukup aktif.

 

  1. Meraih Penghargaan

Nah ini memang terlihat sulit ya untuk didapatkan semua orang, tetapi sekecil apapun penghargaan tetap akan berguna contohnya meraih beasiswa, menang lomba (apa pun) tidak harus PKM jika dirasa itu terlalu sulit dan penghargaan-penghargaan lainnya. Percayalah pada diri sendiri karena dengan itu pasti kita bias mengalahkan rasa tidak percaya diri dalam diri kita.

 

  1. Menjadi Volunteer

Menjadi volunteer juga akan menambah nilai pandang rekruter terhadap diri kita. Tentunya menjadi volunteer itu menggambarkan bahwa kita termasuk orang yang peduli dan tanggap.

 

  1. Magang

Nah ini nih yang jangan sampai kamu tidak melakukannya, pasti semuanya udah pernah kan melakukan magang. Magang bias kita lakukan dimana saja baik itu perusahaan, dinas, di balai atau intstitusi yang lainnya.

 

  1. Mengikuti pelatihan ataupun seminar

Hal ini berkaitan dengan sertifikasi jika ada. Ada banyak pelatihan-pelatihan bersertifikat yang tentunya berbayar. Kamu bias menyiapkannya dari sejak kamu kuliah ataupun sekolah, karena ini merupakan point penting. Pelatihan ataupun seminar yang diikuti tentunya harus sesuai dengan bidang yang ingin kamu tekuni ya teman-teman. Bias juga misalnya ikut kursus Bahasa inggris atau Bahasa asing lainnya.

 

 

  1. Melatih komunikasi

Nah komunikasi ini gak kalah pentingnya dari point-point lainnya karena komunikasi ini diperlukan ketika kamu menghadapi interview, gak mungkin dong ketika interview nanti kamu akan terlihat gugup dan tidak siap.

 

 

Beberapa tips diatas penting loh untuk teman-teman persiapkan, karena hal itu juga bisa dimasukkan kedalam CV yang teman-teman nanti gunakan untuk melamar pekerjaan.