Tips & Trick Menulis Jurnalistik

Agar tulisan jurnalistik kita bisa dinikmati, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi. Mau tau apa aja? Yuk simak tulisan dibawah ini

  1. Penuhi Kode Jurnalistik

Hal pertama dan terpenting adalah mematuhi Kode Etik Jurnalistik dalam setiap operasi, termasuk pelaporan, penulisan, dan penerbitan berita.

Sebelumnya, penting bagi kita untuk mengetahui definisi kode etik yang hanya menjadi acuan perilaku yang diperhatikan oleh para pelaku profesional. Jika ini tidak tercapai, maka tentu saja Anda bukan jurnalis profesional.

  1. Informatif dan komunikatif

Artikel harus ditulis secara informatif, artinya pembahasannya tidak panjang lebar, tetapi langsung ke inti atau substansi berita. Kalimat yang panjang membuat pembaca bosan dan menganggap menulis itu tidak penting.

Selain itu, esai juga harus komunikatif, dalam arti esai harus dapat menjelaskan kepada pembaca yang tidak menyaksikan langsung kejadian tersebut, tetapi yang dapat memahaminya melalui esai tertulis. Oleh karena itu, kata-kata yang dipilih harus pendek dan efektif agar pembaca dapat memahaminya dengan baik.

  1. Logis

Menulis jurnalistik harus logis dan masuk akal. Penulis yang baik harus mampu menulis pembahasan yang logis, sehingga pembaca juga dapat memahaminya tanpa gagal fokus. Hal ini erat kaitannya dengan sebab akibat dari suatu peristiwa atau kejadian.

  1. Akurasi

Artikel harus memiliki akurasi yang tepat, artinya harus sesuai dengan fakta yang ada. Apabila suatu berita salah dalam memberikan fakta, maka bisa saja keadaan menjadi lebih buruk. Lalu bagaimana tips menulis jurnalistik agar hasil karya kita memiliki akurasi tinggi? Setelah Anda mendapatkan berbagai informasi, pilah terlebih dahulu mana fakta yang sudah pasti dan mana fakta yang masih diragukan.

Jangan sembarangan menuliskan informasi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu pada pemilik fakta agar tidak terjadi salah informasi. Pastikan jika Anda telah menyuguhkan informasi secara benar, karena berita ini akan disuguhkan kepada khalayak umum. Jadi, akan sangat berbahaya jika Anda memberikan informasi yang salah.

Nah, sekarang apakah kalian sudah lebih paham dengan tips penulisan jurnalistik? Karena para jurnalis dibebani tugas untuk menyampaikan berita dengan kebenaran, maka tentu saja berita yang harus disampaikan pun harus actual, ada banyak yang bisa kita pelajari dari semua ini. Apakah kamu tertarik juga untuk menjadi jurnalis di masa mendatang?