Trik Hadapi Pacar Boros

Trik Hadapi Pacar Boros
Iri banget lihat pasangan lain yang bisa liburan ke luar kota bareng. Kita hanya bisa rencana saja. Si dia besar pasak daripada tiang, sih. Mending kalau borosnya untuk kita, selalu habis untuk dirinya sendiri, tuh. Kayaknya gajinya cuma numpang lewat, deh.
Kesalnya si dia sering banget beli barang yang belum tentu diperlukan. Alasannya harganya diskon. Wah, cepat diatasi, nih, nggak mau, kan, saat kita dan si dia sudah menikah nanti kelakuannya nggak berubah.
 
Bikin anggaran
Bukan maksudnya mau ngatur, tapi sekedar memberi saran untuk menentukan pengeluaran, boleh aja, dong. Caranya bikin rencana bersama dan tentukan tujuan yang mau dicapai. Misalnya, kita berniat menikah tahun depan berarti kudu nabung dari sekarang. Bikin anggaran bareng yang nggak boleh diutak-atik.
 
Tentukan besarnya tabungan, contohnya 30% dari gaji dan harus disetor di awal gajian. Jadi si dia nggak sempat menggunakan uangnya untuk belanja hal nggak penting. Biarpun tetap belanja, si dia sudah punya tabungan, kan?
 
Bonus…bonus!
Nabung terus dan dilarang beli ini-itu bisa bikin si dia bosan. Si dia malah bisa balas dendam dengan belanja dan nggak mau menabung lagi. Bikin reward setiap berhasil menabung sesuai dengan yang diinginkan. 
Nggak perlu yang besar-besar, hal kecil aja tapi seru. Contohnya, nih, nyobain menu baru di resto dekat rumah saat weekend atau liburan bareng teman di luar kota.
 
Serangan balasan
Si dia protes saat kita kalap lihat butik favorit diskon gede-gedean? Harusnya nggak boleh, tuh, kalau dirinya sendiri masih boros. Bikin perjanjian kalau si dia masih nggak bisa menghilangkan kebiasaan buruknya, berarti kita pun berhak belanja. 
Plus si dia harus mau menemani kita belanja atau nyalon seharian. Pasti takut, deh, dengan ancaman kita.
 
Sesuaikan sikap
Jika si dia boros dan kita pun bersikap sama, malah kita berdua yang rugi. Nggak ada lagi, deh, nonton atau makan bareng di luar. Tunjukkan sikap hemat kita, ikuti rencana pengeluaran yang sudah dibuat. 
 Soalnya, nih, kedisplinan kita bisa menular pada si dia, apalagi kalau kita bisa menunjukkan keuntungan yang didapat dengan berhemat. Masih bisa beli sepatu di akhir bulan misalnya.
 
Jangan mau kalah
Biasanya, nih, cowok paling nggak suka kalau dibandingkan dengan orang lain. Coba kenalkan si dia dengan teman kita yang sukses dengan usahanya lalu beri pujian di depan si dia. Mungkin saja si dia termotivasi dan mencoba usaha sendiri.
Nggak perlu usaha yang ribet, kok, mulai dengan bikin garage sale barang-barang hasil belanjanya yang nggak lagi digunakan. Jadi si dia bakal lebih menimbang-nimbang jika ingin membeli sesuatu. 
 
Sumber : http://www.citacinta.com/ceria/kitasidia/trik.hadapi.pacar.boros/001/003/587