Turut Menangani Pengelolaan Sampah Organik RW 1 Rawasari, Mahasiswa KKN-T IPB Bangun Bak Komposting

Jumat, 15 Juli 2022

Kelompok Mahasiswa Institut Pertanian Bogor membangun bak komposting untuk Urban Farming Kampung Tangguh Jaya (KTJ) RW 01 Rawasari, Jakarta Pusat. Jumat (15/7). Pembangunan bak komposting dilatar belakangi oleh kebutuhan RW 01 Rawasari terhadap solusi pengolahan sampah organik yang menjadi salah satu permasalahan di wilayah tersebut. 

“Kelurahan Rawasari sudah berhasil mengurangi volume sampah, salah satunya dengan daur ulang sampah non-organik. Tapi sampah organik ini yang masih jadi masalah karena belum bisa kami olah” ungkap Ketua RW 01 Rawasari, Ibu Ai Sumirah. Program bak komposting yang diusung oleh kelompok mahasiswa, dinilai selaras dengan tujuan program pengelolaan sampah di RW 01. 

Pembuatan bak komposting berlangsung dalam kurun waktu dua minggu. Bak komposting dibuat sepanjang 4,5 meter dengan kedalaman 90 meter, serta lebar 11 meter. Rancangan tersebut telah disesuaikan dengan estimasi volume sampah organik yang akan ditampung. “Dengan rancangan ini, bak komposting akan mengomposkan sampah organik dengan sistem aerobik. Karena sirkulasi udaranya terjaga, tumpukan sampah di bak ini gabakal bikin bau” pungkas ketua kelompok KKN-T, Yudhistira.

Sosialisasi penggunaan bak komposting

Guna memberikan pemahaman terkait penggunaan bak komposting, mereka turut mengadakan acara sosialisasi penggunaan bak komposting bertempat di Urban Farming RW 01 (15/7)  yang dihadiri oleh 20 pihak terkait termasuk Lurah Rawasari, Bapak Muhammad Arief Biki. Acara juga diisi dengan penyerahan secara simbolik bak komposting kepada pihak Kelurahan Rawasari dan RW 01. 

Kegiatan tersebut pun mendapat apresiasi dari pihak kelurahan setempat. Dalam sambutannya pada acara penyerahan simbolik bak komposting Jumat lalu, Bapak Arief selaku Lurah Rawasari mengungkapkan harapannya terhadap keberlanjutan penggunaan bak komposting. “Ini bak komposting pertama yang ada di RW 01, yang nantinya akan dimanfaatkan untuk produksi pupuk organik. Harapan kami kerja sama dengan para mahasiswa dapat berlanjut sebagai ajang pertukaran ilmu untuk membiasakan gaya hidup berkelanjutan” tuturnya.

Kelompok KKN-T Domisili Jakarta Pusat Institut Pertanian Bogor

Pembuatan bak komposting merupakan salah satu dari rangkaian program kerja yang digagas oleh Kelompok KKN-T domisili di Kecamatan Cempaka Putih. Lebih lanjut, mahasiswa telah menyiapkan berbagai program menarik yang tengah direalisasikan, diantaranya sosialisasi gaya hidup berkelanjutan (Sustainable Lifestyle) dan program pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Rangkaian program dilaksanakan dengan harapan dapat membantu menyelesaikan permasalahan di lingkungan Kecamatan Cempaka Putih dan memberikan dampak positif secara berkelanjutan.