Waktu adalah Kunci Satu Arah

Waktu adalah Kunci Satu Arah young on top

Waktu yang kita kenal dengan dimensi peristiwa dari masa lalu melalui masa sekarang hingga masa depan. Waktu atau masa adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, kejadian atau bisa juga merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian.  Waktu selalu menjadi tempat utama dalam setiap peradaban manusia mulai dari jaman purba sampai saat ini. Pemikiran soal waktu pun terus berkembang, bukan hanya untuk menentukan saat pagi, siang, sore atau malam saja tapi juga untuk mengetahui ketepatan jam, menit dan detik, namun waktu dibedakan dalam tiga bentuk yaitu masa lalu, masa kini dan masa depan.

Tuhan yang Maha Esa memberikan kita jatah waktu yang sama yaitu satu hari adalah dua puluh empat jam untuk siapapun dibumi ini,  namun tiap orang akan memiliki pandangan berbeda tentang waktu yang mereka jalani,  fokus yang terjadi pada setiap orang adalah bukan pada waktu tersebut  tapi mengisi hidup tersebut terhadap waktu, waktu akan terus sama bagi siapapun tapi isi yang membedakan. Beruntunglah jika kita banyak mengisi waktu dengan ilmu dan kebaikan untuk kita sendiri serta kebaikan untuk orang lain.

Saya yakin banget kita pasti punya pengalaman yang tak terlupakan, apalagi soal berusaha untuk menjadi personal yang lebih baik dalam menjalani kehidupan, seperti menjalin relationship, meraih impian dan lain lain. Dari pengalaman saya berdiskusi dengan teman teman ternyata banyak hal yang kita rasakan tentang waktu dan itu unik, misalnya :

  1. Waktu akan berjalan terasa lama pada saat kita menunggu
  2. Waktu terasa berjalan cepat saat kita terlambat
  3. Waktu singkat banget rasanya pada saat kita Bahagia atau mengalami happy Moment
  4. Waktu seakan akan terasa ga ada habisnya saat kita menderita
  5. Waktu terasa seakan membunuh ketika kita merasa bersedih
  6. Waktu terasa lama banget jalannya ketika kita merasa boring
  7. Waktu seakan ga ada rasanya saat kita merasa puas.

Beberapa contoh itulah diantaranya yang membuat seakan akan waktu berjalan tidak konsisten menurut perasaan kita yang mengalaminya, padahal pada kenyataan nya interval waktu itu berjalan konsisten dan sama. Tanpa kita sadari pengaruh emotional kita dalam sebuah peristiwa akan memenuhi persepsi kita tentang waktu. Ketika ada yang bertanya “Waktu tak terasa berjalan cepat ya?” betul, harus kita akui kita tentu masih ingat moment moment indah bersama temen bermain atau sekolah yang rasanya baru kita lalui belum lama padahal itu sudah belasan tahun berlalu.

Saya masih teringat moment ketika suatu pagi dihari minggu ayah dan ibu memanggil saya sambil duduk di teras rumah dengan secangkir teh hangat, beliau memberikan saya secarik kertas kecil yang dilipat sambal mengatakan “Jalani hidup kamu dengan memegang kata itu ya Yan” saya terima, saya buka lipatan dan membaca nya, satu kata tulisan tangan beliau yang tertera yaitu “ TRUST ” itulah salah satu petuah dari banyak nasihat  yang Ayah dan Ibu ajarkan pada saya, untuk menjadi orang yang bisa dipercaya oleh orang lain. Moment itu rasanya seperti belum lama terjadi, padahal itu telah terjadi puluhan tahun lalu dan saat ini kedua orang tua saya sudah tiada. Dalam Kehidupan kita sering kali banyak moment indah akan rusak  dan bahkan terlupakan hanya oleh satu moment buruk saja, maka lupakanlah setiap moment buruk yang ada pada kita dan jadikan pembelajaran untuk kita bisa lebih baik dimasa yang akan datang.

Satu hal yang pasti, waktu tidak bisa diulang kembali.  Jadi Waktu adalah kunci? iya betul, tapi kunci satu arah, Maka Isi dan penuhilah waktu kita dengan kebaikan, kebenaran  dan hal positif  yang kita jalani serta lakukan secara maksimal, sehingga tidak pernah ada  penyesalan pada diri kita dimasa yang akan datang.

 

See You on Top!

Yance Muchtar