Work-Life Balance di Dunia Kerja, Emang Bisa?

Istilah work-life balance menjadi cita-cita seluruh pekerja sekarang. Mengingat betapa padatnya task yang diberikan oleh perusahaan. Sehingga keinginan agar kerja dan hidup seimbang pun muncul. Sebenarnya work-life balance bermaka suatu keadaan di mana seseorang dapat mengatur dan membagi antara tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga dan tanggung jawab lainnya.

Kondisi ini mampu menjadikan hidup kita lebih seimbang, tidak berat sebelah entah itu berakhir menjadi workaholic atau tidak perform karena lebih memikirkan tanggung jawab lain. Maka sifat work-life balance ini penting agar kita lebih bahagia dalam menjalani pekerjaan.

Hal pertama yang harus kita lakukan agar mencapai work-life balance adalah jalani pertemanan dengan workmates agar pekerjaan lebih menyenangkan. Jangan terlalu individualis karena kita butuh teman curhat. Terkadang input dari orang luar sangat kita butuhkan untuk menyelesaikan permasalahan hidup. Tak perlu banyak teman tapi cari lah yang terpercaya.

Lalu langkah kedua yaitu bekerja lah serinci dan seteratur mungkin supaya efektif dan cepat. Jangan sering menunda pekerjaan karena akan membuat kamu pusing nanti. Harusnya pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga malah berakhir menyelesaikan task yang belum kelar karena kamu lalai saat di kantor. Apalagi sampai kamu kerjakan saat weekend, duh bakal pusing banget loh.

Ketiga, jadwalkan waktu luang dengan keluarga dan teman. Ini hal wajib karena tubuh kamu butuh refreshing sebelum memulai hari senin. Tinggalkan sejenak pesan dari leader-mu, gak masalah menunda 2 jam untuk menjawab pesan darinya.

Keempat, bangun lebih pagi agar punya waktu santai sebelum memulai pekerjaan. Pastikan kamu tidur cukup agar paginya lebih segar dan menghadapi hari dengan bahagia. Apalagi ditambah dengan olah raga. Fisik yang kuat membentuk mental yang sehat juga.

Baca artikel lain di sini:

Tonton video inspiratif di sini:

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini!