Wujudkan Bisnis Lebih Fantastis dengan Mempelajari Legalitas Bisnis Bersama YOT Bekasi

Minggu, 10 April 2021. YOT Bekasi telah menggelar webinar YOT Business Class dengan tema “Legalitas Bisnis : Jadikan Bisnis Lebih Fantastis” via Zoom Meeting. Tema ini diangkat mengingat pentingnya memiliki izin usaha bagi sebuah bisnis contohnya ketika bisnis tersebut ingin melakukan ekspansi.

Legalitas bisnis adalah identitas sah secara hukum yang dimiliki suatu bisnis, biasanya berupa surat izin usaha perdagangan. Kepemilikan legalitas bisnis ini didukung dengan banyaknya program dan layanan yang disediakan lembaga pemerintah dan non pemerintah yang semakin mempermudah suatu usaha untuk mengurus legalitas bisnisnya. Bahkan, kementrian Koperasi dan UKM menetapkan target sebesar 4% untuk Usaha Mikro yang bertransformasi dari informal ke formal.

YOT Business Class dihardiri oleh 205 peserta, yang mana program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness pentingnya legalitas sebuah usaha serta menambah pengetahuan dan keuntungan dengan memiliki bisnis yang legal. Sebagai salah satu rangkaian dari YOT Share Ramdhan, melalui YOT Business Class ini mengajak para peserta acara untuk berpartisipasi gerakan #BerbagiSesama dengan melakukan donasi untuk teman-teman panti asuhan dalam rangka bulan suci Ramadhan.

YOT Business Class menghadirkan pembicara yang sangat berpengalaman dibidangnya, yaitu Otty Yuniarti selaku General Manager Izin.co.id Jakarta dan Sabilly Rasyad selaku CEO PT. Simfoni Mahakarya Indonesia. Acara ini diawali oleh sambutan dari Presiden YOT Bekasi, Muhammad Syifa Syarofi, yang menyebutkan bahwa semoga YOT Business Class bisa menjadi wadah bagi para pelaku usaha yang sedang menjalani atau memulai sehingga tau proses perizinan usaha mereka.

Otty Yuniarti atau yang disapa Kak Otty menyebutkan bahwa suatu entitas usaha atau bisnis dapat mengurus perizinan dari tingkat yang sangat sederhana, dan legalitas ini sangat penting bagi badan usaha untuk mengembangkan bisnisnya salah satunya dalam mendapatkan investor.

“Biasanya untuk investor mau investasi ke perusahaan kita, mereka akan prefer kita udah punya badan usaha yang secara legalitasnya jelas untuk mempermudah mereka mengaudit,” ujarnya.

Sabilly Rasyad atau yang bisa disapa Kak Billy menjelaskan bahwa para pelaku usaha pasti memiliki tantangan yang sama di awal membangun usahanya, yaitu ketidakpahaman mengenai pembuatan legalitas suatu bisnis. Ia juga mengatakan bahwa terus menerus berinovasi harus dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menjaga dan mempertahankan bisnis yang dimilikinya

“Untuk mempertahankan bisnis itu, caranya jangan pernah puas dengan apa yang pernah kalian capai saat ini. Karena kalau kalian sudah puas dengan pencapaian saat ini, saat itulah kalian akan berhenti berinovasi. Saat kalian berhenti berinovasi, nah produk-produk lain lah yang akan menyaingi kalian, gitu, ” ujarnya.

Gerakan #BerbagiSesama sampai saat ini telah mengumpulkan donasi dengan total  Rp2.284.009 dan akan diserahkan kepada Panti Yauma Perwira Asrama Yatim dan Dhua’fa Bekasi pada tanggal 23 April 2022. Dengan donasi yang terkumpul membantu teman-teman panti asuhan untuk menyambut bulan Ramadhan dengan kebahagiaan.

Penulis: Ghina Firsya