Buat Anak Muda yang Mau Masuk Dunia Kerja, Siapkan Skill-Skill Ini!

Buat Anak Muda yang Mau Masuk Dunia Kerja, Siapkan Skill-Skill Ini!

Wajar memiliki rasa takut atau ragu saat memasuki dunia baru. Perasaan ini nyata sekali saat kita mau memasuki dunia kerja. Untuk pertama kali dalam hidup kita, kita dituntut untuk menjadi orang dewasa yang seutuhnya, lengkap dengan tanggung-jawab dan konsekuensinya. Lalu, apa yang kira-kira kita sebagai anak-anak muda harus persiapkan untuk memastikan kita sukses meraungi dunia baru dan dunia kerja ini?

1. Business Ethics

Dari awal kita harus mempelajari dan memahami etika dalam lingkungan kerja. Contohnya kejelian kita dalam memperhatikan detail sangat penting dalam dunia kerja.

Tidak hanya secara umum, kita juga harus memahami business ethics pada perusahaan-perusahaan tertentu. Dengan ini kita pun dapat menentukan juga perusahaan yang tepat untuk kita tuju. 

2. Kolaborasi

Dalam dunia kerja, yang kemungkinan besar kita semua pasti akan lakukan adalah bekerja dalam satu tim. Maka itu, penting sekali buat kita untuk mengasah kemampuan kita untuk berkolaborasi. Seseorang yang mampu untuk berkolaborasi dengan sesama rekannya akan dihargai dalam lingkungan kerjanya. 

3. Komunikasi

Kemampuan ini sering dianggap remeh, namun sangat amat berguna bagi kita anak muda. Skill komunikasi menjadi penting banget buat kita, agar ide-ide kita dapat terungkap dengan baik. Selain itu, memiliki kemampuan ini juga akan mencegah kita dari ucapan-ucapan yang kurang tepat dalam menyampaikan ide.

4. Leadership

Di level mana pun kita berada dalam karir, kemampuan seorang pemimpin akan sangat berguna dalam pekerjaan kita. Beliau mengakui bahwa skill ini lebih sulit untuk dibentuk, dan tidak akan langsung matang di awal karir. Namun, penting buat kita untuk asah terus kemampuan leadership kita sepanjang karir kita. 

Dari pengalaman beliau selama bekerja di Bank BRI, Mas Tegar menyatakan bahwa inti dari empat tips yang beliau berikan bisa disimpulkan menjadi betapa pentingnya kita untuk menyusun career plan sejak dini. “Buat career planning sedini mungkin. Kita juga harus tau passion, kekurangan dan kelebihan kita apa, serta perkembangan industri saat ini.“ tutup Mas Tegar

Seperti video dari channel Young On Top di bawah ini

YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022