Ricky Silaen, Co-CEO Indozone: Berkarir di Era Digital Harus Jago Menarik Audiens

Berkarir pada bidang digital saat ini sedang naik daun dan memiliki banyak opportunity untuk sukses. Belakangan, semakin banyak lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia digital. Salah satu industri yang sedang bersaing ketat di tengah periode ini adalah media.

Btw, kalau kita ngomongin media tentu tidak bisa lepas dari para penikmat konten alias audiens. Media yang sukses punya audiens yang besar dan selalu menyajikan berita yang relevan. Well, tentu nggak hanya relevan, namun juga kredibel.

 

Mengapa menarik audiens itu penting?

Ibarat sedang berjualan, audiens berperan menjadi pembeli yang membutuhkan informasi dari media. Jika media tidak memperhatikan kebutuhan audiens, maka konten yang dihasilkan tidak akan tepat sasaran dan sejalan selera dan tren yang terus berubah-ubah.

Ricky Silaen, Co-CEO Indozone Media menyebutkan bahwa media harus siap berpikir “the other side” untuk menemukan hal yang menarik bagi audiens. Artinya tidak hanya menyorot itu-itu saja, namun juga bisa menyajikan beragam insight bagi audiens. Jika audiens tidak tertarik lagi, mereka bisa lari ke media lain.

 

Menjawab tantangan di era digital

YOTers pasti tahu dong Indozone, itu lho yang selalu menyertakan #KAMUHARUSTAU dengan background warna merah di setiap berita yang dipublikasi. Indozone adalah salah satu media yang berusaha menjawab tantangan tersebut. Coba deh lihat Instagram Indozone, ada Indozone Music, Tech, Game, Travel, Life, dan Health yang menunjukkan kalau media yang satu ini benar-benar serius kalau urusan melayani audiens.

Tagar #KAMUHARUSTAU ini ternyata sukses bikin orang kepo dengan konten yang disajikan. Ngaku deh, pasti kalian juga bertanya-tanya, apa sih beritanya sampai kita “harus tau”. Bisa dibilang, ini adalah strategi keren yang bisa kita pelajari dari Indozone tentang menarik audiens di era digital.

Gak hanya “memberi” berita, rupanya Indozone juga memberikan sarana bagi audiens untuk turut berkontribusi melalui “Z Creators”. Kalian bisa mengunggah konten tentang traveling, kuliner, bisnis, inspiring, fashion, dan masih banyak topik lain. Intinya konten tersebut harus orisinal. Sejalan dengan platform ini juga, Indozone juga mengadakan campaign #YourVoiceMatters untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya speak up bagi millennial dan Gen Z.

 

Di balik Indozone, ada figur keren yang sudah kita mention sebelumnya, yakni Ricky Silaen. Selain berkarir di Indozone, Ricky sebelumnya pernah bekerja di NET Mediatama Televisi selama tujuh tahun. Rizky juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan merupakan Founder SUAR pada Desember 2019.

Ingin tahu lebih banyak tentang karir di era digital dari Ricky Silaen? Kuy ketemu dengan beliau langsung dalam event terbesar Young On Top, yakni Young On Top National Conference (YOTNC). Dalam event ini kalian bisa dapat insight dari banyak speaker keren.

 

YOTNC bakal diadakan tanggal 23 Juli 2022 di The Kasablanka Hall, Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Gak hanya dapat insight dari para narasumber, raih kesempatan memenangkan 1 buah motor listrik SMOOT. Info lebih lanjut bisa disimak di poster berikut. Tunggu apa lagi, jangan lewatkan event ini dan segera daftarkan dirimu di www.youngontop.com/yotnc

Save the date and see you there YOTers!

YOTNC x Smoot

Ingin tau lebih lanjut tentang tips dan konten inspirasi lainnya? Cus ke YouTube Young On Top dengan klik di sini atau tonton video di bawah ini.