Presdir Blue Bird: Pentingnya Transformasi Digital dalam Bisnis

YOTers, sekarang sedang ramai “transformasi digital” nih. Apa yang udah kalian tahu tentang digital transformation ini?

 

Transformasi digital adalah langkah yang perlu dilakukan bagi pelaku bisnis di masa kini. Saat ini segala sesuatu menjadi terhubung berkat digitalisasi.

Belanja lewat marketplace, membayar tagihan apapun via aplikasi, rapat dan kuliah secara daring, berbagi data lewat internet, hingga memesan ojek pun secara online. Dampaknya, menjalankan bisnis pun harus mengikuti tren yang ada agar tetap relevan..

Berbicara tentang transformasi digital, kita akan belajar dari Bapak Sigit Djokosoetono, Presiden Direktur PT Blue Bird. Visi beliau terhadap Blue Bird adalah memanfaatkan kemajuan teknologi tanpa mengabaikan keterlibatan manusia atau human engagement di dalamnya. Selain itu, Blue Bird juga diharap bisa menjadi perusahaan transportasi yang berkelanjutan.

 

Apa itu transformasi digital?

Digital transformation bukan hanya proses mengubah dokumen dalam bentuk kertas menjadi digital. Ada proses yang lebih kompleks di dalam transformasi tersebut.

Menurut MIT Sloan, transformasi digital adalah bagaimana teknologi mengubah cara kerja bisnis, mengubah ekspektasi pelanggan, rekanan, dan pekerja yang terlibat. Artinya teknologi digital akan terintegrasi ke dalam model bisnis yang sudah ada, kemudian mengubah cara kita beroperasi dan menyajikan produk atau jasa kepada pelanggan.

 

Langkah yang dilakukan demi mencapai transformasi digital

Transformasi digital, menurut IBM, menggunakan kecerdasan buatan, otomasi, hybrid cloud, dan teknologi digital lainnya. Penggunaan teknologi ini ditujukan untuk mengelola data, mengatur alur kerja cerdas, menciptakan proses pembuatan keputusan yang lebih cepat dan cermat, juga merespon gangguan pada pasar secara real time.

Mengambil contoh dari PT Blue Bird, mereka meluncurkan aplikasi My Blue Bird untuk reservasi dan pembayaran layanan taksi secara non-tunai. Telah berdiri selama 50 tahun, Blue Bird berusaha untuk menyamakan langkah dengan zaman serba teknologi kini. Hasilnya pelanggan pun diberikan kemudahan dan kenyamanan dalam memesan taksi.

 

Berbenah untuk terus menjadi lebih baik

Blue Bird adalah perusahaan transportasi yang telah berdiri berpuluh-puluh tahun. Di tengah persaingan ketat dunia transportasi, Blue Bird terus berinovasi melalui transformasi digital untuk melayani pelanggan.

Semangat untuk terus menjadi lebih baik ini ditularkan oleh Bapak Sigit Djokosoetono bersama Blue Bird. YOTers bisa banget belajar dari beliau tentang bisnis transportasi dan manuvernya di era digitalisasi sekarang. Caranya super gampang! Daftarkan diri kalian dalam event terbesar Young On Top aka YOTNC 2022 di sini www.youngontop.com/yotnc.

Selain Bapak Sigit, ada banyak speaker keren lainnya seperti Vina A. Muliana, Dian Sastrowardoyo, Grace Tahir, dan masih banyak lagi.

YOTNC tahun ini akan diadakan pada 23 Juli 2022 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Gak hanya dapat insight dari para narasumber, raih kesempatan memenangkan 1 buah motor listrik SMOOT

Save the date and see you there YOTers!

 

Kepoin speakers YOTNC 2022 lainnya yuk!

 

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.