Tips Mengingat Materi Pelajaran dengan Efektif

Mengingat materi pelajaran bisa jadi PR tersendiri jika kita tidak tahu langkah yang efektif. Buat mahasiswa, pekan ujian bisa jadi momok yang ngeri karena sebagian mata kuliah butuh kemampuan menghafal.

Demi kehidupan perkuliahan yang lebih tenang dan siap dalam lebih menghadapi ujian dan presentasi, mengingat materi dengan efektif adalah kuncinya.

Nah, YOTers, worry not! YOT ada beberapa tips untuk mengingat materi pelajaran dengan efektif.

 

Disclaimer dulu nih…

Pertama dan yang terpenting! Kita harus pahami bersama kalau kunci dari belajar nggak cuma menghafal ya YOTers. Di dalam menghafal itu harus ada proses “berusaha memahami”, sehingga materi dari buku, jurnal, maupun catatan kuliah bisa tertanam dengan baik dalam kepala.

Ketika mahasiswa mampu memahami materi, secara otomatis materi tersebut akan tersimpan dalam ingatan secara lebih runtut.

 

  • Belajar sambil mengajar orang lain

Menurut Ameritech College of Healthcare, rata-rata orang bisa mengingat 90% dari hal yang ia pelajari setelah diajarkan juga ke orang lain atau dipraktikkan.

Mengajar orang lain akan membantu mengingat lebih efektif karena suatu materi akan diterjemahkan dalam bahasa yang dimengerti oleh diri sendiri.

 

  • Fokus ke satu topik

Ada topik khusus yang butuh lebih banyak effort untuk bisa dipahami. Oleh karena itu YOTers perlu fokus nih ke satu topik, sebelum beralih ke pembahasan yang lain. Soalnya kalau kita melompat-lompat dari topik yang belum tuntas, fokus bisa kacau dan informasi jadi lebih sulit untuk masuk.

 

  • Mencari jawaban ketika sulit mengingat

Dilansir Loma Linda University, ketika proses mengingat menjadi sulit dan tidak ada bayangan yang tergambar, buka kembali buku bacaan atau catatan.

Proses belajar tidak harus sempurna dimana seseorang bisa mengingat semua hal pada percobaan pertama. Justru, di dalam sesi belajar akan dijumpai proses memperbaiki pemahaman.

 

  • Ketahui cara belajar yang sesuai

Last but not least, kita juga harus tahu cara belajar apa yang paling sesuai nih. Tujuannya tidak lain untuk membantu pemahaman dan meningkatkan kenyamanan proses belajar. Jangan memaksakan diri untuk belajar seperti orang lain karena bisa jadi mereka memiliki tipe belajar yang berlainan.

Jika kamu tipe visual, mungkin mencatat atau membuat peta konsep adalah cara belajar yang terbaik buatmu. Semangat belajarnya ya!

 

Konten Spesial buat YOTers:

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia

 

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.