Mahasiswa: Tips Menjaga Prestasi Disaat Sibuk Organiasi

Menjaga prestasi saat menjadi mahasiswa mungkin bisa dibilang sulit-sulit gampang karena saat pertama kali menjadi mahasiswa akan memiliki prinsip yang ambisius.

Tetapi saat berada di fase hampir lulus, maka yang diinginkan bukan prestasi melainkan nilai yang sesuai tanpa ada pengulangan di semester selanjutnya.

Tetapi ada beberapa mahasiswa yang memiliki prinsip yang sama sejak awal ia masuk kampus dan mendapatkan predikat cumlaude.

Hal tersebut sejatinya bisa dilakukan oleh banyak mahasiswa apabila memiliki prinsip yang sama. Berikut ini beberapa tips menjaga prestasi disaat sibuk organisasi kampus, yaitu:

 

1. Manajemen waktu

Salah satu upaya untuk menjaga prestasi saat sibuk dengan kuliah dan organisasi, hal yang perlu diupayakan dan diperhatikan adalah manajemen waktu yang sesuai.

Saat kita melakukan kegiatan tanpa adanya keahilan dalam mengatur waktu, maka akan ada hal yang terhambat. Maka dari itu pentingnya manajemen waktu dalam setiap apa yang sedang kamu kerjakan.

Baca juga:

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membangun Bisnis

Kota Pemilik Kualitas Terbaik di Indonesia

Billy Boen dan Young On Top: dari Buku jadi Inspirasi Buatmu

2. Prioritaskan akademik

Selain itu saat kita memfokuskan diri untuk melakukan berbagai hal dalam dunia perkuliahan, maka hal yang perlu diperhatikan adalah memprioritaskan satu dari beberapa kegiatan.

Saat kita memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi maka hal yang harus diprioritaskan adalah akademik dibandingkan dengan organisasi atau kegiatan serupa lainnya.

Akademik akan jauh lebih besar membantu diri kita dibandingkan dengan beberapa kegiatan lainnya, maka dari itu jangan salah dalam memprioritaskan sesuatu.

 

3. Jangan suka mangkir

Hal lain yang perlu diperhatikan supaya prestasi akademik tidak anjlok dan organisasi tetap jalan adalah hal yang bisa dilakukan tetapi sulit untuk dikerjakan.

Akan ada hal yang dikorbankan baik akademik maupun non akademik. Apabila tujuan utamanya sudah terlihat, maka jangan sekali-sekali untuk mangkir mengikuti perkuliahan dan mementingkan organisasi. Tetap fokus kepada akademik yang sedang kamu jalani.

 

Penulis: Dede Radika

 

Good news!

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join komunitasnya sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia

 

Butuh inspirasi?

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.