Berbagai Drama Skripsi dan Tips Mengatasinya

Kamu lagi kuliah semester akhir? Ini saatnya kamu mengencangkan ikat pinggang untuk mengerjakan tugas akhir alias skripsi. Yuk cepat lulus dengan mengatasi berbagai drama!

 

Semua mahasiswa pasti ingin cepat lulus tanpa drama skripsi. Maksud hati ingin lulus cepat namun terkadang ada drama tak terduga. Drama tersebut harus diatasi karena untuk lulus, mahasiswa butuh skripsi yang selesai. Simak yuk beberapa drama yang umum terjadi dan tips untuk mengatasinya.

 

1. Drama memilih judul

Pilih judul berdasarkan topik yang benar-benar dikuasai atau diminati. Skripsi dikerjakan dalam waktu beberapa bulan bukan?

Durasi pengerjaan yang lama ini akan jadi lebih membosankan jika topik yang dikerjakan tidak benar-benar disukai.

Memilih judul yang disukai juga menjadikan mahasiswa lebih percaya diri untuk bisa menyelesaikan skripsi. Judul baru permulaan dari skripsi, jadi kurang-kurangi drama pada proses pemilihan judul agar proses berikutnya tidak semakin mundur.

 

2. Drama di-ghosting dosen pembimbing

Mahasiswa sudah gercep, tapi dosen pembimbing sangat sibuk atau sulit dihubungi. Drama satu ini benar-benar menguji kesabaran dan mental mahasiswa.

Ketika dosen pembimbing tidak segera merespon, mahasiswa tidak boleh diam saja menunggu revisi.

Mintalah teman yang dipercaya untuk membantu membaca skripsi tersebut, setidaknya untuk menilai apakah kalimatnya runtut dan nyaman untuk dibaca. Teman bisa memberikan sudut pandang yang lebih objektif daripada diri sendiri.

Meski meminta pertimbangan teman, jangan ghosting balik dosen pembimbing ya! Tetaplah berusaha menghubungi mereka dengan sopan. Jika tidak ada tanggapan sama sekali, berkonsultasilah dengan kepala jurusan.

 

3. Drama skripsi block alias nggak tahu harus menulis apa

Sudah sampai bab 2 tapi stuck, tidak tahu apa lagi yang harus ditulis? Drama ini mendominasi kehidupan mahasiswa semester akhir.

Keinginan cepat lulus sudah memuncak namun apa daya, tidak ada ide yang muncul.

Saat drama ini terjadi, jangan terburu-buru menyalahkan diri. Letakkan laptop sejenak, misalnya selama satu hari. Gunakan satu hari tersebut untuk membuat daftar, hal sulit atau bagian mana dari skripsi yang menghambat pengerjaan.

Jujurlah pada diri sendiri dengan menulis apa adanya. Terkadang kita malu untuk mengakui kekurangan diri dan akhirnya masalah tidak segera usai.

Setelah membuat daftar, lakukan tindak lanjut secara bertahap, dari satu poin kendala ke poin lainnya.

 

Skripsi adalah perjalanan yang mau nggak mau harus YOTers lewati untuk bisa lulus. Kamu pasti bisa melewatinya kok, selama kamu memutuskan untuk keep going. Semangat! YOT ada di sini buat dukung kamu!

 

Baca Ini Juga Yuk!

 

Good news!

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join komunitasnya sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia 

Menangkan kesempatan dapat Smoot Electric Scooter, caranya cukup ikuti arahan sesuai poster berikut dan follow instagram @phoenixunitedid untuk stay updated.

 

 

Butuh inspirasi?

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.