Awas! Jangan lakuin hal ini kalau gamau konten kamu viral!

Kamu suka ngonten? Atau, baru mau coba bikin konten? Sini, aku kasi tau cara bikin konten yang berkualitas!

Bikin Konten Sesuai Passionmu
Kamu tentuin dulu nih, kira-kira kalau kamu jadi content creator, isi dari kontenmu bakal apa aja sih? Apakah kamu fokus di konten yang berisi pendidikan, tips & trick, storytelling, atau bisa juga tentang kecantikan dan lain-lain. Pokoknya, kalau kamu sudah menemukan passio-mu, kamu bisa explore atau belajar dari konten-konten yang sama, kembangin ide yang kamu punya, dan langsung gaassss… mulai bikin kontenmu sendiri.

Ciri Khas Konten
Bikin ciri khas konten kamu yang beda sama content creator lainnya. Hal ini bisa bikin audience kamu bakal kenal dan selalu ingat sama kamu. Contohnya nih, penampilan kamu, cara bicara kamu, editing konten kamu, atau bahkan sampai ruangan yang kamu pakai untuk rekam video. Apa aja yang bikin konten kamu itu beda deh dari orang lain.

Stop Overthinking!
Terlalu banyak waktu yang kamu habisin buat mikir, bakal bikin kamu semakin menunda-nunda untuk memulai. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berpikir apakah orang-orang bakal suka sama konten kamu atau engga, that’s not the point. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menuangkan semua ide yang kamu punya ke dalam kontenmu, dan lakukan yang terbaik untuk membuatnya.

Ikuti Trend
Selalu up to date tentang konten yang relevan dengan tema konten kamu. Ikuti trend yang sedang hits. Biasanya, di tiktok selalu ada lagu yang viral kan? Nah, kamu bisa pakai lagu-lagu viral itu untul level-up konten kamu biar ikutan viral juga. Eittss… tapi inget yah, lagu sama konteks konten kamu harus tetap sesuai.

Don’t be Ashamed!
Jangan malu untuk memulai, jangan malu untuk bertanya juga kepada teman terdekat kamu, audience kamu, dan content creator lainnya. Tanyakan pada mereka agar kamu mengerti bagaimana pendapat dan pandangan mereka tentang konten yang kamu buat. Hal ini juga bisa menjadi batu loncatan agar kontenmu semakin bagus dan berkembang.

Don’t go out of Context!
Walaupun kamu bebas berekspresi dengan konten kamu, bukan berarti kamu bisa melewati batasan-batasan yang ada ya. Sering terjadi kan akhir-akhir ini konten-konten yang viral karena mereka membuat masalah. Entah itu disengaja, ataupu tidak. Oleh karena itu, selalu lakukan research kecil sebelum kamu membuat konten. Misalnya, cari tau tentang topik atau tema konten yang bakal kamu buat, sekiranya kamu upload konten itu apakah bisa memicu masalah atau tidak. Stay safe ajalah, jangan mempersulit hidup kita yang udah sulit ini.

Poin utamanya, kalau kamu niat dan mau terus belajar, kamu bakal semakin baik kedepannya. Gitu deh YOTers, jangan takut untuk memulai karena selalu ada “pertama kali” di setiap hal yang kita lakukan di hidup kita. Semangaatt!

 

Author :
Janika Sri Ayumi

Editor :
Ismi Nur Wulandari

Cover Source :
Freepic

Leave a Reply

Your email address will not be published.