5 Jenis Karakter yang Wajib Ada dalam Novel, Penulis Wajib Tahu

Jenis karakter

Dalam menulis, salah satu unsur paling penting adalah adanya karakter. Selain plot cerita yang bagus, keberadaan karakter yang memikat akan membuat pembaca terus teringat si karakter. Secara umum ada lima jenis karakter yang wajib ada dalam sebuah cerita.

 

1.  Protagonis

Ini sudah pasti tau ya, protagonis di sini adalah si tokoh utama dalam cerita. Protagonis di sini harus mempunyai sebuah tujuan dalam cerita yang akan kita buat.

 

2. Antagonis

Tokoh antagonis biasanya digambarkan sebagai sosok yang selalu menghalangi protagonis dalam mencapai tujuannya.

Baca Juga

3. Sidekick

Karakter ini biasanya bertujuan sebagai pendamping protagonis maupun antagonis. Sahabat dari kedua tokoh itu yang tugasnya menguatkan cerita dan juga sebagai support karakter.

 

4. Mentor

Karakter ini biasanya bertugas untuk menjadi pembimbing perubahan karakter utama. Mentor bisa siapa saja. Orang tua misalnya ataupun seseorang yang dipercaya oleh karakter utama.

Baca Juga

5.  Skeptis

Karakter ini bertujuan untuk menghambat tokoh utama dalam mencapai tujuannya. Biasanya tokoh ini ada supaya cerita lebih dinamis karena membuat tokoh utama bimbang sesaat untuk mencapai tujuannya.

 

Itu dia lima jenis karakter yang wajib ada dalam novel. Dalam membangun alur cerita memang bukanlah perkara mudah. Namun, kamu bisa perlahan-lahan mempelajarinya.

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.