Ketahui Hal Penting Dalam Self-Awarenes Selama Menjadi Mahasiswa Berikut Ini!

AIESEC UNPAD | YOUNG ON TOP

Halo YOTers! Ngomongin tentang mahasiswa nih, pasti sangat lekat kaitannya dengan berbagai aktivitas di dalamnya. Mulai dari aktivitas pembelajaran perkuliahan, tugas proyek, praktikum mata kuliah, hingga organisasi. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa sangat memerlukan time management yang baik untuk mengatur agar seluruh kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Namun, selain mengatur waktu, ada juga hal yang perlu sekali para mahasiswa pahami. Yup! Self-Awareness!

 

Apa sih sebenernya Self-Awareness itu?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, tentunya YOTers harus tau dulu nih sebenarnya apa sih self-awareness. Secara singkat self-awareness artinya adalah mengetahui keadaan internal, preferensi, sumber daya/kekuatan diri, dan juga intuisi diri sendiri. 

 

Selain itu juga self-awareness berarti juga kesadaran dalam memahami tindakan, kelemahan, dan juga dapat mengenali efek diri sendiri kepada orang lain di sekitar. Berdasarkan hal tersebut, kita dapat simpulkan bahwa self-awareness merupakan suatu kekuatan individu dalam memahami dan mengenali emosi diri sendiri.

 

Ada apa aja sih komponen-komponen dari self-awareness?

Komponen dari self awareness biasanya terbagi atas tiga bagian, diantaranya:

 

Emotional Self-Awareness

Seperti namanya, emotional self-awareness merupakan kemampuan seseorang dalam memahami emosinya sendiri dan bagaimana efek dari emosi yang dikeluarkan tersebut. Artinya, hal ini berkaitan dengan seseorang yang mengenai apa yang sedang ia rasakan saat ini dan juga orang tersebut tahu penyebab dari munculnya emosi yang dirasakan, sehingga orang tersebut dapat lebih mengontrol dirinya sendiri dalam bertindak serta bersikap.

 

Accurate Self Assessment

Hal tersebut merupakan sebuah pengetahuan seseorang secara realistis dapat mengukur kelebihan dan kekurangan yang dipunyai. Selain itu juga, dengan kemampuan ini, seorang individu dapat menilai diri sendiri dalam segala hal sehingga hal tersebut dapat dijadikan potensi untuk menjadi individu yang lebih baik lagi. Memiliki kesadaran diri berarti juga, individu menerima kekurangan-kekurangan yang ia miliki dan berusaha untuk mengevaluasinya serta lebih dapat menggali lagi potensi diri yang dipunyai oleh diri sendiri

 

Self Confidence

Sesuai dengan namanya, self confidence merupakan keyakinan yang dimiliki oleh setiap individu terhadap dirinya sendiri. Artinya, setiap individu yang memiliki self confidence akan cenderung memiliki rasa percaya diri dalam menjalankan sesuatu serta memiliki strategi dalam mengatasi kelemahan yang dimiliki.

 

Lalu mengapa self-awareness menjadi hal penting untuk mahasiswa?

Sebagai mahasiswa, tentunya self-awareness atau disebut juga kesadaran diri sangatlah berperan penting untuk menjalankan kehidupan perkuliahan sehari-hari.

 

Dengan memiliki berbagai aktivitas di dalamnya, menjadi mahasiswa tentu harus harus memiliki self-awareness yang tinggi. Karena dengan kesadaran diri, kita dapat menemukan dan dapat lebih mengenal diri serta batasan diri sendiri termasuk juga dalam hal mengidentifikasi, mengelola, dan mengekspresikan segala emosi dan pikiran yang tertanam dalam diri.

 

Sehingga hal tersebut dapat membantu mahasiswa untuk mengerjakan segala sesuatu dan segala aktivitas dengan mudah. Mengetahui diri sendiri mampu untuk mengerjakan tugas serta mengetahui segala kekurangan diri sendiri sehingga mau untuk mengevaluasi serta menggali potensi diri.

Terus kalo gitu, apa dong manfaat self-awareness?

Berikut merupakan beberapa manfaat dari memiliki self-awareness:

  • Meningkatkan value diri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, self-awareness memungkinkan seorang individu untuk memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi dalam melakukan sesuatu dan berusaha untuk melakukan continuous improvement. Seiring dengan meningkatnya value yang dimiliki, maka akan lebih memungkinkan juga individu tersebut melakukan sesuatu atau mengerjakan suatu pekerjaan dengan sangat baik.

  • Mengambil keputusan dengan pertimbangan yang kuat

Dalam dunia perkuliahan, anda akan dihadapkan dengan berbagai aktivitas dan tugas serta tanggung jawab. Artinya, keputusan akan terus menerus dibuat tanpa ada hentinya. Membuat keputusan bukanlah suatu hal yang mudah, oleh sebabnya memiliki self-awareness ini akan sangat membantu dan menjadi tools dalam mengambil keputusan dengan pikiran dan emosi yang jernih. Hal tersebut juga akan menambah percaya diri dalam menanggung tanggung jawab tersebut serta secara tidak langsung memiliki kekuatan untuk mendapatkan hasil yang terbaik di akhir nanti.

  • Memahami emosi dengan lebih mendalam

Sama seperti sebelumnya dijelaskan, bahwa kesadaran diri juga membantu seorang individu dalam memahami dan mengontrol emosi yang dimilikinya dengan baik sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap setiap tindakan yang akan dilakukan. Selain itu juga, memahami emosi artinya kita dapat mengurangi stress yang kita miliki serta dapat menciptakan suatu lingkungan sekitar yang suportif, tidak mudah tersinggung dan sakit hati.

  • Meningkatkan empati dan inklusivitas 

Self-awareness memungkinkan seorang individu untuk lebih mudah berempati pada sesama, tentunya dengan latar belakang yang berbeda seperti suku, ras, agama, pemikiran, dll. Hal ini berarti bahwa self-awareness ini dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami orang dengan berbagai sudut pandang/perspektif yang berbeda-beda. Oleh karenanya, orang dengan empati yang tinggi ini akan secara tidak langsung memiliki pola pikir yang beragam sehingga memiliki juga tingkat inklusivitas yang tinggi.

 

Itu dia YOTers, penjelasan pentingnya memiliki self-awareness di masa perkuliahan. Banyak sekali manfaat yang akan didapat jika kita memiliki self-awareness yang tinggi dan akan sangat membantu dalam bertahan di lingkungan perkuliahan selama menjadi mahasiswa. Semoga YOTers juga dapat meningkatkan self-awareness masing-masing ya!

Ada juga loh YOTers, cara meningkatkan self-awareness yang bisa dilakukan oleh YOTers semua! Caranya yaitu dengan mengikuti Local Project: SARASVATI yang diselenggarakan oleh AIESEC in Unpad. AIESEC in Unpad merupakan sebuah youth organization yang selalu menyediakan wadah dalam pengembangan diri secara positif loh! Salah satunya dengan program Local Project: SARASVATI yang dimana YOTers akan diberikan pengembangan pengalaman selama 4 minggu dan berkesempatan menciptakan dampak di masyarakat serta mengenalkan mereka pengembangan kepemimpinan. Dengan mengikuti volunteer ini, YOTers tentunya akan belajar banyak hal, salah satunya adalah meningkatkan self-awareness.

 

Untuk informasi lebih lanjut, YOTers bisa check booklet Local Project: SARASVATI AIESEC in Unpad di tautan bit.ly/LPSARASVATI_Booklet ya!

 

Penulis: Azkia Putra Wibawa – Public Relations AIESEC in Unpad