2 Tanda Kamu Belum Memiliki Self Acceptance Yang Baik

Apakah kamu sudah mempunyai self acceptance yang baik? Self acceptance adalah suatu penerimaan individu terhadap dirinya sendiri. Orang yang memiliki self acceptance mampu menerima setiap kelebihan dan kekurangan yang ia miliki. Hal ini mungkin terdengar cukup sederhana. Namun, tidak semua orang mampu untuk melakukannya.

Ada beberapa orang yang tetap sulit untuk menerima kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki. Bahkan beberapa ada yang merasa terpuruk dan merasa rendah diri. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang menunjukkan seseorang belum memiliki self acceptance yang baik di dalam diri mereka. Apa saja? Yuk, kita bahas!

1. Merasa insecure jika belum memiliki self acceptance yang baik

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa diri kamu belum memiliki self acceptance yang baik adalah kamu sering merasa insecure. Perasaan ini sering dialami oleh generasi gen Z. Bisa saja hal ini dilatarbelakangi karena mereka melihat pencapaian-pencapaian yang diperoleh orang-orang terdekat mereka, baik dari segi pendidikan ataupun pekerjaan.

Perasaan ini tentu tidak baik untuk dimiliki seseorang. Mereka akan merasa tidak percaya diri dengan setiap potensi yang mereka miliki. Pada akhirnya, mereka tidak mengembangkan potensi diri mereka karena terlalu fokus dengan kekurangan yang mereka miliki.

Bahkan kadang mereka menmbenci diri mereka sendiri.

2. Selalu menyalahkan diri secara berlebihan

Tanda kedua yang menunjukkan seseorang belum memiliki self acceptance yang baik adalah mereka sering menyalahkan diri secara berlebihan. Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahannya masing-masing.

Ada yang melakukan kesalahan yang cukup sepele, namun ada pula yang membuat kesalahan yang cukup fatal, bahkan melibatkan banyak orang.

Bagaimana jika seseorang menyalahkan diri mereka sendiri secara berlebihan? Jika kamu mengalami hal tersebut, ini menandakan bahwa kamu belum mempunyai self acceptance yang baik. Dengan selalu melakukan hal tersebut, tentu akan membuat diri kamu semakin terpuruk.

Itulah tanda yang menunjukkan seseorang belum mempunyai self acceptance yang baik di dalam diri mereka. Padahal perlu kamu sadari, mempunyai self acceptance yang baik sangat perlu dilakukan oleh setiap orang. Hal ini karena sebagai bentuk cinta dan penerimaan diri terhadap diri sendiri. Nah, apakah saat ini kamu merasakan salah satu tanda di atas?