Kehilangan Jati Diri, Ini Dampak Mengikuti Ucapan Orang Lain!

Apakah kamu adalah salah seorang yang selalu mengikuti ucapan orang lain? Setiap orang memiliki cara berpikir, berpendapat, dan selera yang berbeda-beda antara satu sama lain. Hal ini tentu menjadi hal yang lumrah jika adanya perbedaan antara satu sama lain.

Sayangnya, beberapa orang biasanya merasa tidak nyaman jika ada perbedaan pendapat sehingga mereka sangat mudah untuk menyetujui dan mengikuti apa yang orang lain katakan. Nah, padahal tanpa disadari hal ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan. Ada beberapa dampak buruk yang akan kamu peroleh jika kamu selalu mengikuti ucapan orang lain. Apa saja? Yuk, kita bahas!

1. Orang yang selalu mengikuti ucapan orang lain akan terbiasa bergantung kepada orang lain

Salah satu dampak buruk yang akan kamu peroleh adalah kamu akan terbiasa bergantung dengan orang lain. Misal ketika ada ekstrakulikuler, event, ataupun kegiatan lainnya, apakah kamu memiliki pilihan tersebut berdasarkan apa yang kamu inginkanatau kamu hanya mengikutinya karena berdasarkan pilihan dari teman-teman kamu? Mungkin sebagian dari kamu lebih banyak memilih pilihan yang tersedia hanya karena mengikuti pilihan teman-teman kamu, bukan berdasarkan pilihan kamu sendiri.

Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka akan membuat kamu menjadi bergantung terhadap orang lain. Hal ini akan berdampak bagi kamu menjadi tidak percaya diri dengan pilihan yang kamu miliki dan kamu lebih memilih untuk mempercayai apa yang dikatakan oleh orang lain. Padahal yang paling mengenal diri kamu adalah diri kamu sendiri.

2. Orang lain menjadi tidak respek kepada dirinya

Dampak kedua yang akan kamu peroleh adalah orang lain menjadi tidak respek kepada diri kamu. Seseorang akan lebih disegani oleh orang lain ketika mereka memiliki pendirian yang kuat dan tegas terhadap prinsip yang mereka pegang. Hal ini mungkin akan memunculkan banyak perdebatan dan rintangan.

Orang-orang yang mudah terombang-ambing arus dan selalu ikut-ikutan biasanya mereka tidak memiliki pendirian yang kuat terhadap prinsip yang mereka pegang. Hal ini tentu akan membuat orang lain menjadi kehilangan respek padanya.

Itulah tadi dua tanda yang menunjukkan beberapa dampak buruk yang akan diperoleh bagi mereka yang suka mengikuti ucapan orang lain. Oleh karena itu, kamu harus menghentikan kebiasaan ini. Mungkin terlihat sepele dan kamu juga melakukannya hanya untuk menghindari adanya cekcokan, namun kamu juga harus peduli terhadap diri kamu sendiri. Cobalah untuk lebih berani menyampaikan pendapat yang kamu miliki.