Sisi Negatif Terlalu Lama Membaca Buku

Rekomendasi Tempat Beli Buku Bekas di Berbagai Kota di Indonesia

Sisi negatif terlalu lama membaca buku akan dirasakan jika pada saat kita membaca sudah terlalu lama atau sudah melewati batas yang sewajarnya. Karena jika kita tidak memberikan jam istirahat pada otak dan mata kita ketika kebiasaan kita membaca buku, maka akan berakibat lelahnya saraf pada mata dan otak yang kita punya, sehingga kita akan mudah lelah dan dapat dengan mudah tererang penyakit. Oleh karena itu kita harus memperhatikan waktu yang terbaik dalam kita membaca buku, sehingga mata dan otak yang kita punya ada jeda yang dapat kita gunakan sebagai istirahat, agar kita sendiri tidak mudah lelah dan tidak mudah tereserang penyakit.

Namun bagi orang yang sudah terbiasa membaca buku atau orang yang memang pada dasarnya memiliki hobi membaca buku, mereka akan menghiraukan hal tersebut dan akan tetap melanjutkan buku bacaan yang sedang mereka baca. Karena menurut mereka sendiri, dengan membaca buku mereka dapat menghilangkan stress dan dengan membaca buku juga mereka dapat mencari hiburan dibalik sibuknya jam kerja atau jam perkuliahan mereka. Bagi para mahasiswa biasanya mereka akan membuat jadwal dimana akan ada waktu sendiri yang akan mereka gunakan sebagai jam membaca atau jam belajar dan juga mereka akan menyisihkan waktu untuk beristirahat. Karena jika waktu yang mereka punya mereka habiskan untuk membaca buku saja, yang ada hanya mereka akan bertambah pusing dan juga stress dengan tugas tugas yang diberikan oleh dosen mereka.

Berikut ini merupakan sisi negatif terlalu lama membaca buku yang akan kalian rasakan jika kalian terlalu sering membaca buku tanpa memberi jeda untuk otak dan mata kalian istirahat, sisi negatifnya adalah sebagai berikut:

  1. Mudah terkena mata minus

Efek negatif yang pertama yang akan kita rasakan jika kita terlalu lama dalam membaca buku adalah kita akan mudah terkena mata minus, yang mengakibatkan kita harus melihat dengan bantuan kacamata. Oleh karena itu kita perlu memberi waktu jeda untuk mata kita dapat beristirahat.

Baca juga:

Efek Negatif Menonton Film

Tantangan dalam Bisnis Ikan Nila

  1. Mudah stress

Dengan membaca buku terlalu lama kita akan mudah terkena stress, karena dalam membaca buku otak kita akan selalu berusaha menangkap informasi yang kita dapat, jika kita tidak memberi waktu istirahat pada otak kita, maka kita akan mudah pusing dan mudah stress.