Kenali Makanan Sehat untuk Tubuhmu!

Apa itu Makanan Sehat?

Tubuh membutuhkan makanan sehat untuk menjaga fungsi organ dan memastikan fungsinya. Secara umum, makanan yang termasuk dalam kelompok makanan sehat memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Syarat makan sehat (4 sehat 5 sempurna) yaitu pola makan yang bersih, baik dan seimbang. Pola makan yang sehat adalah pola makan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Kandungan nutrisi tubuh bisa didapatkan dari beberapa makanan sehat yang tidak terbatas pada satu jenis saja. Padahal, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Mengonsumsi makanan yang berbeda dapat memberikan nutrisi yang berbeda pula, sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi.

 

Pilih Jenis Makanan Sehatmu!

Pola makan yang sehat harus dapat menyediakan berbagai nutrisi dalam jumlah yang cukup, termasuk mineral dan vitamin. Berikut beberapa makanan sehat yang bisa menjadi pilihan yang baik untuk dimakan setiap hari:

Sayuran

Sayuran hijau menempati urutan teratas dalam daftar makanan sehat karena memiliki profil nutrisi yang lengkap. Sayuran sehat meliputi:

  • Brokoli

Sayuran ini kaya akan serat, kalsium, potasium, folat, dan fitonutrien. Zat ini merupakan senyawa yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu. Brokoli juga mengandung vitamin C, antioksidan dan beta-karoten.

Satu porsi brokoli, yang bisa mencapai 100 gram, bisa memberi Anda lebih dari 150% jumlah vitamin C harian yang disarankan.

  • Kubis

Ada berbagai jenis nutrisi yang terkandung dalam daun kangkung. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang terdapat dalam kangkung, dan menurut Departemen Kesehatan Amerika Serikat (USDA), kangkung juga mengandung vitamin K dalam jumlah yang signifikan, hingga 817 mikrogram atau 778% dari asupan harian yang direkomendasikan.

  • Sayuran Daun Hijau

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan banyak sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam atau kol, dapat secara signifikan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Misalnya, bayam kaya akan antioksidan, terutama saat direbus. Bayam juga merupakan sumber vitamin A, B6, C, E dan K yang baik.

Buah-Buahan

Buah-buahan juga penting untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Buah-buahan berikut ini kaya akan nutrisi:

  • Apel, karena mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lainnya.
  • Jeruk, yang kaya vitamin C.
  • Alpukat, yang memiliki kandungan tinggi lemak sehat, kalium, dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Kaya akan antioksidan dan serat yang tinggi serta rendah kalori.

Daging dan Telur

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang tinggi dibandingkan dengan daging lainnya. Selain itu, telur juga memiliki keunggulan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap yaitu protein yang sarat akan asam amino esensial dan non esensial, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kelompok makanan ini merupakan makanan sehat renyah penuh nutrisi dan mineral penting bagi tubuh, termasuk magnesium dan vitamin E. Kacang adalah sumber protein nabati yang baik, terutama untuk vegetarian.

Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Makanan laut seperti ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 dan yodium yang baik. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi ikan laut umumnya lebih kecil kemungkinannya untuk menderita berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, dan cenderung hidup lebih lama.

Susu

Susu tinggi mineral, protein hewani, lemak sehat dan vitamin. Apalagi kandungan kalsium dalam susu juga tinggi. Susu juga diolah menjadi keju, difermentasi menjadi yogurt yang baik untuk pencernaan karena mengandung banyak bakteri menguntungkan.