2 Faktor Penghambat Melamar Pekerjaan

Apakah saat ini kamu sedang melamar pekerjaan? Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seseorang akan bekerja untuk memperoleh penghasilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka. Bekerja adalah salah satu hal yang dilakukan oleh seseorang yang telah cukup umur. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan kerja saat ini sangatlah ketat. Kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja lainnya yang memiliki keinginan untuk mendapatkan posisi yang sama.

2 Faktor Penghambat Melamar Pekerjaan

Sayangnya, apa yang kita inginkan kadang tidak berjalan mulus. Tentu ada kerikil atau batu besar dihadapan kamu yang menghalangi kamu. Nah, berikut ada beberapa faktor penghambat seseorang dalam melamar pekerjaan. Apa aja? Yuk, kita bahas!

1.Ketika melamar pekerjaan, kamu belum memiliki pengalaman kerja

Salah satu faktor penghambat seseorang dalam melamar pekerjaan adalah mereka belum memiliki pengalaman kerja. Mungkin kamu adalah salah satu orang sedang mengalaminya, terlebih lagi jika kamu seorang freshgraduate. Memiliki pengalaman kerja tentu sangat berpengaruh ketika kamu akan melamar kerja. Dari pengalaman kerja yang kamu miliki, penerima kerja akan melihat kemampuan kerja yang pernah kamu geluti. Pengalaman kerja juga dapat sebagai bukti bahwa kamu telah berpengalaman dalam suatu bidang pekerjaan tertentu.

Kamu juga dapat menjadikan pengalaman kerja sebagai “nilai jual” ketika akan melamar pekerjaan. Hal ini tentu dapat menjadi nilai plus bagi kamu. Namun, bukan berarti pelamar kerja yang tidak memiliki pengalaman kerja tidak berpeluang untuk diterima. Pokoknya, jangan patah semangat ketika kamu belum diterima, ya!

2. Merasa kurang percaya diri

Salah satu lainnya yang menjadi faktor penghambat kamu ketika kamu melamar kerja adalah kurangnya rasa percaya diri dalam diri kamu. Hal ini bisa saja disebabkan kamu merasa tidak yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Tidak jarang hal ini dapat menimbulkan overthinking. Kamu menjadi takut untuk tersingkirkan dengan pelamar lainnya yang mungkin saja lebih unggul daripada kamu.

Untuk meminimalisir rasa takut ataupun insecure yang kamu miliki ketika mengikuti seleksi kerja adalah kamu harus sudah betul-betul mengetahui kualitas dan kemampuan diri kamu dan memastikan bahwa kamu memiliki bidang yang tepat dengan porsi kemampuan diri yang kamu miliki.

Itulah tadi beberapa faktor penghambat dalam melamar pekerjaan. Apakah kamu mengalaminya? Jika kamu mengalami kesulitan untuk memperoleh pekerjaan, maka kamu harus semangat dan berbenah diri untuk menjadi lebih baik kedepannya. Ingat, usaha tidak akan pernah menghianati hasil!