3 Cara Atasi Malas Mengerjakan Skripsi

Malas mengerjakan skripsi merupakan satu dari sekian banyak masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan dari mahasiswa tingkat akhir seperti kita, terkadang kita menjadi malas karena berbagai persoalan baik dari internal maupun eksternal diri.

Secara teori bahwa malas mengerjakan skripsi sama dengan kita menunda waktu untuk cepat lulus dari kampus, artinya semakin kita malas semakin kita lama untuk sukses. Hal semacam ini bisa dikatakan sebuah paradoks yang selalu terjadi setiap tahunnya.

Untuk mengatasi malas mengerjakan skripsi, berikut tips yang bisa kamu lakukan. Diantaranya:

1. Penting memiliki tujuan
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan supaya tidak terjebak dalam malas, hal yang perlu dilakukan adalah memiliki tujuan. Artinya, saat kamu ingin melakukan sesuatu, maka ada hal yang kamu tuju. Misalnya saat skripsimu cepat selesai dan berdampak pada wisuda yang lebih cepat maka tujuannya adalah berkarir di perusahaan A. Dan sebagainya. Maka dari itu pentingnya mapping dalam melakukan sesuatu termasuk mengerjakan skripsi.

Baca juga:

Kerja Keras Kamu Berakhir Sia-Sia? Ini Penyebabnya!

2. Kurangi bermain
Tidak ada yang melarang kita untuk bermain, akan tetapi saat kita memiliki tanggungjawab yang lebih besar maka sebaiknya perlu mengatur waktu antara kewajiban dan kesenangan. Kita tau bahwa skripsi memiliki jangka waktu yang terbatas, sehingga hal tersebut bisa diartikan hal yang sangat penting, saat kita terlalu sibuk bermain dan mengabaikan skripsi, maka dampak buruknya adalah tidak selesai tepat waktu dan menambah beban keuangan untuk bayar SPP di semester depan. Maka dari itu pentingnya kurangi bermain dan atur waktu untuk mengerjakan skripsi.

3. Ubah circle
Saat dirimu merasa masuk dalam circle pertemanan yang tidak saling support dalam hal apapun, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengubah circle pertemanan. Apalagi ketika kamu memiliki tugas mengerjakan skripsi dalam waktu yang terbatas, maka kamu perlu masuk ke dalam circle yang saling support. Hal tersebut bertujuan supaya harapan dan target kamu tercapai dengan baik.

Dari beberapa tips mengatasi malas mengerjakan skripsi di atas, terdapat beberapa tips lainnya yang bisa kamu lakukan seperti istirahat untuk menulis, refreshing/liburan, cari suasana baru, dan lain sebagainya. Tidak ada alasan untuk tidak mengerjakan skripsi, karena dari berbagai pengalaman ada yang bisa mengerjakan skripsi hanya selama 2 sampai 3 bulan. Sehingga hal tersebut dapat dikatakan bahwa semua kembali ke diri kita masing-masing, apakah serius dalam melakukannya atau tidak.

Penulis: Dede Radika