3 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru, Ternyata Sangat Penting!

Mahasiswa baru mungkin masih kebingungan bagaimana menjalani kehidupan kampus, akan tetapi sebenarnya tidak masalah apabila kamu mengetahui apa saja yang penting untuk dilakukan sebagai Maba atau mahasiswa baru.

Kamu harus tahu bahwa ada 3 hal penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru agar bisa menjalani kuliah dengan baik, tidak jarang orang mengabaikan tiga hal penting ini, terkadang bahkan menjadi penyebab kuliahnya berantakan. Apa saja sih hal penting yang harus dilakukan mahasiswa baru? Berikut ini penjelasannya.

1. Bangun Sistem Belajar Sendiri

Sistem Belajar pada masa sekolah tidak sama dengan sistem perkuliahan, seorang mahasiswa harus mencari sumber belajar lain dan tidak hanya dari dosen semata namun harus belajar dari berbagai jurnal dan artikel lainnya. Mahasiswa-lah yang dituntut belajar mandiri untuk menuntut ilmu.

Baca juga: 3 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Ternyata Mudah

Mahasiswa harus mengerjakan tugas makalah dan mempresentasikan hasil makalah didepan kelas, lalu apabila ada kekurangan dari tugas tersebut Dosen akan memberikan penjelasan untuk dapat dipelajari kembali.

2. Punya Buku Catatan Khusus

Banyak yang mengabaikan hal yang satu ini, tidak jarang mahasiswa pergi ke kelas hanya sekedar mendengarkan dosen. saat dosen menerangkan pelajaran catatlah hal penting yang disampaikan oleh dosen, karena kebanyakan saat ujian, soal yang diberikan adalah pelajaran yang sudah disampaikan langsung oleh dosen di dalam kelas.

Baca juga: 5 Tips Mudah Kuliah Cepat Lulus dan IPK Tinggi, Mahasiswa Wajib Coba

kamu bisa menyiapkan satu buku khusus untuk mencatat semua penjelasan dosen dari berbagai mata kuliah, dan ketika kamu akan ujian kamu bisa mengulas kembali hal yang telah disampai oleh Dosen.

3. Cari Lingkungan Sosial yang Positif

Lingkungan sosial di kampus juga merupakan hal penting, jangan sampai kamu salah memilih pertemanan. Memiliki banyak teman memang suatu keberuntungan, hidup terasa memiliki banyak warna dan penuh tawa. Namun, di dalam dunia perkuliahan, perlu berhati-hati dengan yang namanya teman. Bisa saja yang di depan adalah teman, namun saat dibelakang dan tanpa sepengetahuanmu berbuat buruk terhadapmu.

Bagaimana cara memilih teman? Lihatlah bagaimana dia berbicara didepan dosen, kepada temannya, dan saat belajar berkelompok, atau saat kamu sakit dan susah apakah dia benar-benar teman yang mempunyai pribadi yang baik atau bukan.

Dalam perkuliahan tidak ada yang dapat kita percaya selain diri sendiri dan kemampuan yang dimiliki. Namun tidak dapat dipungkiri juga di perkuliahan begitu banyak circle-circle pertemanan seperti kalangan elit, kalangan anak cerdas, kalangan cantik, kalangan anak organisasi dan masih banyak lagi. Jadi pintar-pintarlah dalam membawakan diri. Jangan sampai terjerumus pada lingkungan pergaulan yang toxic.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Menteri Keuangan

Demikian penjelasan tentang 3 hal penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru, kamu harus catat, pahami dan lakukan agar sukses menjalani perkuliahan.