Berpikir Positif Tidak Selamanya Baik. Ini Alasannya!

Memiliki pola pikir yang positif terkadang kita menjadi lebih baik dalam segala hal, mulai dari hal kecil hingga hal besar. Berpikir positif artinya kita diharuskan untuk mengedepankan pemikiran yang baik sehingga implementasinya bisa membuat diri dapat berkembang.

Banyak motivator menyebutkan bahwa berpikir positif adalah sesuatu hal yang diharuskan dan dianjurkan, selain dapat membangun diri juga bisa membuat kita lebih termotivasi. Akan tetapi memiliki pola pikir seperti itu tidak selamanya baik bagi diri kita. Ada beberapa alasan yang membuat berpikir positif menjadi tidak baik, diantaranya sebagai berikut:

1. Lelah

Seseorang yang memiliki pola pikir yang positif secara tidak langsung akan menjadi lelah, hal tersebut disebabkan karena cara berpikir yang diajarkan membuat seseorang untuk selalu membangun dirinya menjadi seseorang yang terus bersemangat sehingga tenaga yang ia miliki akan hilang seiring berjalannya waktu karena pemikiran tersebut.

Maka dari itu saat kita dituntut untuk berpikir baik maka hal yang perlu dilakukan adalah mencoba mengimplementasikan dengan cara sewajarnya saja tanpa harus berlebihan sehingga kita tidak akan mengalami kelelahan.

 

Baca juga:

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Quarter Life Crisis

Dear Mahasiswa, Yuk Bijak Hadapi Peer Pressure!

Blood Donation For Our Nation

 

 

2. Overthinking

Seseorang yang cenderung berpikir positif terkadang tidak akan lepas dari sebuah overthinking, hal tersebut disebabkan karena ia selalu beranggapan realistis dari setiap apa yang ia lakukan. Motivasi dan ucapan-ucapan tersebut menjadikan seseorang berpikir lebih jauh mulai dari hal yang kecil hingga hal yang besar.

Saat diri kita terjebak dalam overthinking karena sebuah motivasi atau pemikiran baik yang selalu ada, maka hal yang perlu dilakukan adalah berhenti untuk berpikir berlebihan dalam setiap usaha yang sedang dilakukan.

Kita sepakat bahwa berpikir positif merupakan sesuatu hal yang sangat baik untuk dilakukan oleh setiap orang, akan tetapi dari hal tersebut perlu diperhatikan kembali bahwa hal yang dilakukan perlu adanya cara atau sistem yang dibangun sehingga kita bisa mengimplementasikan pola pikir tersebut dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai.

 

Penulis: Dede Radika

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!
Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.
Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia

YouTube Young On Top
Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.