Cara yang Bisa Kamu Lakukan Saat Melakukan Kesalahan

Dalam menjalani hidup kita sering melakukan kesalahan yang sifatnya baik disengaja maupun tidak disengaja. hal ini biasanya terjadi tanpa alasan yang jelas. kesalahan yang kita lakukan terkadang membuat orang lain merasa kesal bahkan marah kepada kita.

Saat kita melakukan kesalahan tersebut, mungkin yang bisa kita lakukan hanya sebatas minta maaf dan berjanji tidak mengulanginya lagi yang pada akhirnya bisa dipercaya atau tidak dipercaya. walaupun dengan penjelasan bahwa maaf dan pernyataan tersebut, terkadang kita tidak percaya sepenuhnya. Maka dari itu berikut ini cara yang bisa kamu lakukan saat melakukan kesalahan.

1. Bertanggung jawab

Salah satu cara saat melakukan kesalahan adalah dengan cara bertanggung jawab, dengan cara ini diri kita akan menjadi orang yang bisa menerima diri segalanya dalam kondisi apapun. dengan bertanggung jawab maka kita akan dianggap sebagai orang yang memiliki profesionalitas yang tinggi.

Baca juga:

Lagi Rame, Kenapa PHK Bisa Terjadi?

Lakukan Ini Saat Dirimu Bosan Dengan Pekerjaan!

Lakukan 3 Kegiatan Ini Saat Tidak Main Hp

 

2. Menerima kesalahan

Menerima kesalahan memiliki arti bahwa kita bisa menjadi diri sendiri dalam kondisi apapun walaupun diri kita salah sehingga kita bisa terbiasa dan bisa berkembang lebih baik lagi. menerima kesalahan bukan berarti diri kita merasa kecil melainkan memberikan contoh sebagai orang yang memahami suatu norma.

 

3. Merubah kesalahan

Selanjutnya cara memaafkan diri sendiri adalah dengan cara merubah kesalahan menjadi sesuatu yang lebih baik. Dengan cara ini kita bisa menerima diri kita dengan baik dan memiliki motivasi untuk berkembang. cara merubah kesalahan yang bisa kita lakukan adalah bisa dengan cara melakukan perbaikan kondisi atau tidak menguanginya lagi.

 

Penulis: Dede Radika

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!
Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.
Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia 
Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.