Shukatsu: Budaya Berburu Pekerjaan bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Shukatsu

Shukatsu dalam budaya Jepang artinya mahasiswa tingkat akhir yang aktif berburu pekerjaan. Bagi mereka, Shukatsu sangatlah penting sebab akan menentukan masa depan mereka. Banyak mahasiswa yang tidak segan untuk berjibaku mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan sebelum mereka lulus. Nah, ini dia info selengkapnya.

 

Musim Panas Adalah Musim Shukatsu

Setiap tahun mulai dari Maret sampai musim panas, kamu akan melihat banyak anak muda yang mengenakan pakaian formal berupa jas hitam yang rapi. Mereka akan memenuhi stasiun kereta, kawasan perkantoran, dan tempat-tempat lainnya di Jepang.

Mereka adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang berburu pekerjaan di musim Shukatsu. Di musim ini mereka aktif mencari pekerjaan, ikut wawancara kerja, dan berharap perusahaan yang diinginkan bersedia menerima mereka bekerja.

Selama masa Shukatsu mereka juga akan mewarnai rambut mereka dengan warna hitam. Meskipun bukan sebuah keharusan, namun hal ini adalah usaha untuk menampilkan kesan cerdas, rapi, dan bersih.

 

Shukatsu Make Up 

Para mahasiswa dan mahasiswi yang berburu pekerjaan mengenakan riasan wajah yang khas yang kemudian dikenal dengan Shukatsu Make up. Look riasan ini menampilkan kesan yang cerdas, bersih, dan segar.

 

Email Doa Dalam Budaya Shukatsu 

Tidak selalu berjalan mulus, terkadang perusahaan juga  harus menolak lamaran pekerjaan dari para mahasiswa. Ketika melakukan penolakan, perusahaan akan mengirimkan email pemberitahuan yang disebut dengan Email Doa.

Disebut Email Doa karena di dalam isi email tersebut akan terselip doa dan harapan agar pelamar mendapatkan masa depan yang lebih baik.

 

Alasan Mengapa Perlu Banyak Usaha Untuk Mendapatkan Pekerjaan 

Alasan mengapa mereka bersedia untuk mencurahkan tenaga dan waktunya demi mendapatkan pekerjaan adalah karena adanya kepercayaan bahwa penempatan kerja ditentukan saat masih kuliah. Selain itu, di Jepang gagasan pekerjaan seumur hidup masih mengakar kuat. Jadi, apabila mereka beruntung mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafide, masa depan mereka setidaknya terjamin.

 

Nah, itulah ulasan singkat tentang budaya Shukatsu yang ada di Jepang. Bagaimana pendapatmu tentang munculnya budaya tersebut?

 

Rekomendasi Buat Kamu Baca

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.