5 Cara Mengatur Keuangan Ala Anak Kos

Menjadi anak indekos memang mengharuskan mahasiswa untuk belajar mengelola keuangan. Karena biasanya mereka bergantung pada kiriman dari orang tua sebulan sekali. Hal ini membuat mereka harus mengatur keuangan agar cukup memenuhi kebutuhan satu bulan. Melansir dari laman kuyproduktif, berikut 5 cara mengatur keuangan ala anak kos. Simak di bawah ini!

Membuat Anggaran

Hal pertama yang harus dilakukan mahasiswa, yaitu membuat anggaran bulanan. Anggaran bulanan ini dibagi menjadi berbagai aspek sesuai dengan kebutuhan selama kuliah. Misalnya, biaya untuk kuliah seperti uang akomodasi dan print tugas. Selanjutnya juga perlu dibedakan antara kebutuhan untuk di kos dengan pendidikan.

Manfaatkan WiFi

Terkadang ada indekos yang sudah menyediakan WiFi gratis. Bahkan ada beberapa indekos yang hanya meminta iuran dari mahasiswa untuk membayar WiFi. Adanya WiFi ini harus kamu manfaatkan dengan optimal. Misalnya dengan menggunakannya untuk membaca, mengerjakan tugas dan menambah wawasan baru.

 

Baca Juga:

Manajemen Waktu dengan Eisenhower Matrix

Beasiswa Khusus Perempuan di Luar Negeri

Meneladani Strategi Bisnis JCO Donuts

Memasak Sendiri

Apabila indekosmu memiliki fasilitas memasak, sebaiknya kamu memanfaatkan itu untuk memasak sendiri. Ini akan mengurangi pengeluaranmu selama kuliah. Namun, apabila kegiatan sedang padat, kamu bisa memilih untuk memasak nasi sendiri dan membeli lauk dan sayur di luar. Selain itu, jangan lupa saat berangkat ke kampus untuk membawa bekal minum dari rumah.

Menabung

Saat mendapat kiriman dan membuat anggaran, sisihkan uang untuk menabung dan dana darurat. Karena di sepanjang semester terkadang ada kegiatan di kampus yang membutuhkan uang banyak. Jadi, sisihkan selalu uang cadangan untuk digunakan saat darurat saja. Ini akan mempermudahmu ketika dalam kesulitan apapun.

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Selain mencatat anggaran bulanan, kamu juga harus mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Hal ini untuk mengetahui untuk apa saja uangmu digunakan. Jadi,kamu juga bisa melihat catatan kebutuhan apa saja di tiap bulannya.

Buat kamu yang lagi cari inspirasi seputar kuliah, self-development dan karir bisa kunjungi youtube Young On Top. Ada Beragam konten menarik, loh!