Deretan Fakta Menarik Seputar Barcelona yang Jarang Diketahui

Barcelona

Apa yang terlintas di pikiran YOTers saat mendengar kata Barcelona? Kebanyakan pasti akan langsung tertuju pada sebuah klub sepak bola. Hal tersebut cukup wajar karena klub asal Spanyol ini cukup sukses dan sangat populer di dunia. Nama lengkapnya adalah Football Club Barcelona atau biasa disingkat FCB.

 

1. Makna Unik Dibalik Jersey

Sejak awal berdiri Barcelona menggunakan jersey dengan warna merah-biru. Ternyata hal itu terinspirasi dari jersey milik FC Basel, klub Swiss yang juga disukai sang pendiri, yakni Joan Gamper.

Julukan Blaugrana juga berarti warna jersey mereka, yakni biru merah. Barca sempat menolak untuk memasang sponsornya di Jersey hingga tahun 2006. Hingga akhirnya Unicef mengakhiri kepolosan jersey El Barca.

 

2. Asal Mula Julukan ‘Cules’ Bagi Suporter Barcelona

Berlaga sejak Piala Dunia 2006, Messi telah melewati 26 pertandingan bersama Argentina. Melampaui capaian mantan gelandang Jerman, Lothar Matthaus dengan 25 pertandingan.

 

Baca Juga:

 

3. Klub dengan Peraih Ballon d’Or Terbanyak

Barcelona benar-benar menjadi klub yang tak bis dianggap remeh. Di ajang Ballon d’Or, yakni ajang penghargaan pemain terbaik, Barcelona menjadi klub dengan torehan terbanyak.

Hingga saat ini, pemain Barcelona telah meraih 12 trofi Ballon d’Or. Dengan rincian Lionel Messi 6 kali, Johan Cruyff 2 kali, Ronaldinho 1 kali, Rivaldo 1 kali, Hristo Stoichkov 1 kali dan Luis Suarez 1 kali.

 

4. Dua Legenda Argentina Pernah Bermain untuk Barcelona

Kylian Mbappe sukses menyabet gelar top skor Piala Dunia 2022 dengan torehan 8 gol yang ia ciptakan. Dalam laga final yang digelar di Lusail Stadium, pria berusia 23 tahun itu bahkan mampu mencatatkan hattrick.

 

Baca Juga:

 

5. Memiliki Stadion Terbesar di Eropa

Sebagai klub besar, Barcelona juga memiliki markas yang tak kalah megah. Camp Nou menjadi rumah El Barca sejak tahun 1957. Awalnya stadion ini memiliki kapasitas mencapai 121.000 penonton. Namun demi keamanan, Camp Nou direnovasi dan saat ini bisa menampung 99.000 penonton. Meskipun demikian, kandang Blaugrana ini tetap menjadi stadion terbesar di Eropa.

 

6. Pendiri Barcelona Berasal dari Swiss

Barcelona merupakan klub Spanyol yang didirikan pada tahun 1989 oleh seseorang yang berasal dari Swiss, dia adalah Hans Gamper. Di Spanyol sendiri dia lebih dikenal dengan nama Joan Gamper.

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.