Apa sih sebenarnya “Berkas Rahasia” dari Pabrik Kimia di Indonesia?

Pra Rancangan Pabrik Kimia, ini rahasianya! Part 2

Hai YOTers! Sebelum menyelesaikan membaca part 2 ini yuk dibaca terlebih dahulu part 1 nyaa https://www.youngontop.com/read/164422/pra-rancangan-pabrik-kimia-ini-rahasianya/

Di part 1 udah dibahas kok TAHAP I (Pendahuluan) dan TAHAP II(Studi Kelayakan Awal), nah Tahap III tahu gak YOTers? YAP! Tahap III adalah Diagram Alir Kualitatif dan Kuantitatif

Di Tahap III ini bisa dikatakan sebagai “Anak Berkas Rahasia” lho YOTers!

Karena melalui diagram alir kualitatifdan kuantitatif lah sebuah pabrik itu dapat terlihat dengan jelas dan terstruktur.

Diagram alir digunakan untuk mendesain dan mendokumentasi proses atau program sederhana. Seperti jenis diagram lainnya, diagram ini membantu menggambarkan apa yang sedang terjadi dan dengan demikian membantu mengerti sebuah proses. Dan mungkin saja menentukan kekurangan fitur, atau bagian yang kurang jelas didalam sebuah proses.

Yuk simak contoh Diagram Kualitatif dari sebuah pabrik X berikut YOTers!

Nah di atas itu diagram kualitatif ya, YOTers! Di bawah ini untuk diagram kuantitatifnya, yuk temukan perbedaannya!

Udah nemu perbedaannya dimana? Komen di kolom komentar yaa, YOTers!

Sadar gak sih, YOTers? di atas ada disebut “Anak Berkas Rahasia” ! Lha?! terus “Berkas Rahasia” nya mana dong?
Bagi YOTers yang lagi kuliah sebagai mahasiswa/i teknik kimia pasti ga asing nih dengan yang namanya “P&ID dan PFD” atau “Piping&Instrumentation Diagram dan Process Flow Diagram”

BERKAS RAHASIA DARI SELURUH PABRIK KIMIA DI INDONESIA ATAU BAHKAN SELURUH DUNIA ADALAH P&ID dan PFD!

Apa sih P&ID dan PFD itu? Kenapa bisa P&ID dan PFD jadi berkas rahasia?

Kita bahas satu-persatu, ya!

P&ID (Piping and Instrumentation Diagram) dapat diartikan sebagai sebuah alat bantu untuk menerangkan konsep desain dari suatu proses dan kebutuhan pabrik atau unit produksi yang perlu atau akan dibangun.

Sedangkan, PFD(Process Flow Diagram) adalah representasi mendasar dari sebuah proses yang secara skematis menggambarkan konversi bahan baku sampai produk jadi tanpa memperhatikan rincian bagaimana konversi tersebut terjadi.

Singkatnya, P&ID adalah kumpulan aliran pipa dan alat pendukung pabrik lainnya seperti alat detektor suhu dan tekanan. PFD adalah kumpulan aliran proses dari bahan baku hingga produk.
Jadi, kalau YOTers ingin membuat pabrik kimia, kita ambil contoh yaitu pabrik minuman bersoda. Nah, harus dipersiapkan tuh P&ID dan PFD nya, isinya arah aliran pipa dari alat A ke alat B, hingga ke alat Z.
Bagi YOTers yang sedang menempuh teknik kimia di bangku kuliah, Semangat “nge run pabrik”nya, ya!
YOTers yang akan kuliah prodi teknik kimia, yuk disini tempatnya temen-temen belajar ngebuat pabrik lho!