Bagar Hiu kuliner unik dan langka kesukaan Ir. Soekarno

Bengkulu sebuah kota kecil di tanah sumatera. Beragam suku dan budaya menghiasi kota kecil ini. Selain suku dan budaya, Bengkulu juga memiliki beragam wisata alam yang indah. Kota kecil nan mempesona yang dikelilingi pantai dan lautan nan elok membuat Bengkulu menjadi salah satu kota yang memiliki pariwisata yang khas.

Kota yang indah ini memiliki berbagai macam kuliner yang unik dan menggoda lidah anda untuk turut mencicipinya. Bengkulu memiliki makanan olahan ikan yang sangat unik. Jenis ikan yang digunakan bukan sembarangan ikan, melainkan ikan predator yang ganas yaitu ikan hiu. Sangat unik bukan?

Bagar hiu merupakan olahan ikan hiu yang dimasak mirip dengan rendang, namun yang membedakannya adalah rempah yang digunakan dan bumbu-bumbu lainnya. Jika rendang diolah dengan santan, maka bagar hiu ini diolah menggunakan parutan kelapa yang telah disangrai terlebih dahulu. Bagar hiu juga dimasak dengan aneka macam rempah seperti daun salam,laos, kunyit, kemiri, serai, kapulaga, ketumbar, kayu manis, jahe, asam jawa, cengkeh, pala, bawang merah, dan bawang putih. Ikan hiu yang dipilih untuk diolah pun hanya jenis ikan hiu punai dan ikan hiu tanduk, hal ini dikarenakan ikan hiu jenis tersebut memiliki daging yang tidak terlalu amis dan berbeda dengan ikan hiu jenis lainnya.

Tidak sembarang orang dapat mengolah bagar hiu, dibutuhkan teknik dan trik yang khusus agar dapat mengolah ikan hiu menjadi bagar hiu yang enak dan khas. Biasanya untuk membuat bagar hiu seseorang mempelajari tekniknya dari turun temurun keluarga atau bisa dibilang dari generasi kegenerasi.

Cara untuk menghilangkan amis dari hiu, hiu yang telah dibersihkan dan dipotong-potong akan diberikan air perasan jeruk nipis.

Bagar hiu yang unik ini juga merupakan makanan kesukaan presiden pertama indonesia yaitu Ir. Soekarno selama masa pengasingannya di Bengkulu. Sayangnya sekarang bagar hiu sudah menjadi makanan yang langka dan sulit ditemukan penjualnya didaerahnya sendiri. Namun walaupun begitu, kamu dapat mempelajari resep membuat bagar hiu sendiri loh, berikut resepnya :

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. Ikan hiu jenis ikan hiu punai atau hiu tanduk 1 kg
  2. 1 ibu jari asam jawa lalu dipotong 3 dan berikan sedikit air
  3. 3-4 sdm cabe halus atau sesuai selera (jika ingin lebih pedas dapat ditambahkan)
  4. 600 ml air
  5. 3-4 sdm kelapa yang telah disangrai
  6. Minyak secukupnya untuk menumis
  7. Garam secukupnya
  8. 1-2 buah jeruk nipis
  9. Bumbu halus terdiri dari :
  • ½ jari kunyit, lengkuas
  • 2 1/2 sdm ketumbar.
  • 1/2 sdt merica
  • 10 bh bawang merah
  • 8 bh bawang putih
  1. 2 bh kapulaga
  2. 3 bh cengkeh
  3. Pala secukupnya
  4. 2 bh serai
  5. 3 lembar daun jeruk dan daun salam

Langkah-langkah pembuatan bagar hiu :

  1. Bersihkan ikan hiu hingga bersih, buang kulitnya, poton-potong lalu marinasi daging hiu dengan air perasan jeruk nipis untuk membuang amis hiu
  2. Selanjutnya masukkan bumbu halus, cabe, kelapa yang telah disangrai dan campur rata keseluruh ikan dan diamkan selama 15 menit sampai dengan 30 menit sampai bumbu benar-benar meresap ke daging hiu
  3. Panaskan sedikit minyak lalu masukan ikan hiu dan bumbu-bumbu tadi,aduk rata lalu masukan air asam dan air masak sampai mendidih lalu masuk garam secukup nya
  4. Masak hingga air sedikit menyusut, tes rasanya jika sudah pas bagar hiu siap disajikan

Gimana? Sangat menarik bukan? Jika ke Bengkulu jangan lupa untuk mencoba bagar hiu ini yaa, selain unik rasanya benar-benar enak. Kamu dapat menemukan bagar hiu di rumah makan khas bengkulu yang ada di kota Bengkulu.