Cerita Warga Kediri Bentangkan Bendera Besar Nan Panjang

Masih di bulan Agustus dengan euphoria yang masih terasa kuatm kegiatan demi kegiatan telah banyak terselenggara demi memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan. Tepat di tahun ini, negara kita tercinta sedang menggelar peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia dengan berbagai kemeriahan. Salah satunya ada di kabupaten Kediri, Jawa Timur di pinggiran Kota pada hari Selasa (16/8/2022).

Desa yang berada di ujung selatan wilayah Kabupaten Kediri, Desa Dawung trelah mengadakan kirab dengan membawa kain merah putih yang identik dengan warna bendera Republik Indonesia. Kain yang di bentang berukuran lebar 3 meter dan panjangnya mencapai 1.000 meter.

“Menjahitnya bendera saja butuh waktu sebulan lamanya,” ujar Edi Sukamto.

Selain membentang bendera raksasa, juga ada kegiatan lain seperti kirab yang diikuti hampir seluruh Lembaga yang ada di desa, sekaligus termasuk para paskibraka berseragam. Bendera raksasa itu kemudian di arak sejauh hampir tiga kilometre mengelilingi jalanan kampung. Setelah itu, bendera dibentangkan di Jalanan desa dengan di bantu 350 batang bamboo sebagai penyangga.

Kegiatan ini sengaja di dengar dengan tujuan untuk menjaga jika nasionalisme dan patriotism warga setempat. Selain itu juga sebagai ungkapan rasa syukur yang paling dalam karena Tuhan telah memberikan anugerah kemerdekaan. Dan terakhir juga mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa.

“Saya ingin kegiatan yang kita kemas dalam peringatan 17-an ada nuansa yang betul-betul bisa memupuk nilai kebangsaan terhadap warga saya,” ujar SlametWidodo selaku Kepada Desa Dawung.

Bapak Slamet menambahkan, kegiatan tersebut juga bisa menjadi momentum guna meningkatkan rasa persaudaraan, persatuan, dan kekompakan masyarakat sekitar, Karena dengan adanya kegiatan ini, ribuan warna bekerja sama menyiapkan segala sesuatu.

Hal lainnya, kata Slamet adalah pada dampak ekonomi. Denagn adanya kegiatan ini mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang selama ini sempat terhambat akibat terpaan pandemi.

Juga di hari rabu nanti (17/8/2022) bentangan kain tersebut di lepas pada Rabu sekitar pukul 16.00 WIB.

Bagaimana YOTers? Untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia apa saja yang sudah terselenggara di daerah tempat tinggal kalian? Langsung saja tulis di kolom komentar yang telah disediakan, ya! Matursuwun.

 

By                   : Arneta Tiana Errela

Referensi         : https://surabaya.kompas.com/