Gagal SBMPTN, Tips Lolos Jalur Mandiri PTN!

Hai YOTers!!!

Meski ditolak kampus impian di jalur SBMPTN tapi jangan berkecil hati ya. Kamu masih punya banyak kesempatan di jalur-jalur lainnya untuk menggapai mimpimu lolos kampus impian. Salah satunya jalur Mandiri PTN, belajar dari kegagalan SBMPTN kita perlu menyiapkan beberapa hal agar bisa lolos Mandiri PTN antara lain:

1. Punya motivasi dan niat yang kuat

Usaha tentu tak pernah menuai hasil, namun kata-kata itu perlu kamu ingat dan tanamkan untuk membangun motivasi diri. Usaha yang kuat akan membuat kita lebih percaya diri menghadapi ujian Mandiri PTN.

2. Siapkan semua syarat sebelum seleksi mandiri

Jangan biarkan dirimu gagal lagi di jalur seleksi Mandiri PTN. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan dengan baik dan benar sebelum mendaftar dan mengikuti seleksi ya.

3. Banyak membaca dan latihan soal-soal

Tips yang bisa kamu lakukan agar anti gagal di jalur mandiri yaitu membaca dan melakukan banyak latihan soal-soal. Kamu bisa berlatih soal-soal ujian mandiri PTN tujuanmu tahun lalu. Umumnya PTN akan membuat pertanyaan tentang pertanyaan mandirinya.

4. Belajar dan mengerjakan semua pelajaran

Selain belajar soal ujian mandiri, tak ada salahnya kamu juga mengasah pengetahuan pelajaran umum sekolah. Kembali membuka buku pelajaran dan soal-soal ujian untuk meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal.

Itulah beberapa tips jitu yang bisa diterapkan agar bisa lolos di jalur mandiri PTN. Jangan berkecil hati dengan kegagalan di SBMPTN, sebab kegagalan adalah jalan menuju keberhasilanmu YOTers.