Hubungan cintamu mulai kendor? Ini 3 Tips Bikin Hubungan Makin Erat

Kamu pernah gak sih dengerin curhatan teman-teman kamu tentang betapa susahnya dia mempertahankan hubungannya? Atau bahkan justru kamu yang mengalaminya sendiri? Nah, permasalahan ini bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya, karena kita kurang terbuka dengan pasangan jadi doi mikir kita gak percaya sama dia. Tapi, terlalu terbuka dengan pasangan juga bisa menjadi salah satu faktor yang bikin kalian merasa cepat bosan dengan satu sama lain, maka dari itu perlu banget bikin space dalam hubungan kamu. Ketika kamu dan si doi bucin maksimal, kayak apa-apa harus sama dia, ngelakuin ini itu tergantung sama dia, bisa jadi kamu sudah terlalu ketergantungan secara emosional. Eits, kalau sudah begitu kamu harus berhati-hati karena bisa jadi ini red flag yang dapat menimbulkan banyak konflik kedepannya. 

Maka dari itu, kalian berdua harus banget mengomunikasikan satu sama lain dan mengetahui bagaimana caranya untuk menghandle ketika muncul suatu konflik pada hubungan kalian. Selain itu, ekspektasi-ekspektasi yang tidak realistis seringkali membuat kita mengharapkan suatu hubungan yang sempurna, padahal diri kita pun tidak sempurna. Nah, untuk itu kita bisa loh belajar dari pengalaman orang lain atau mungkin belajar dari pendapat pakar-pakar percintaan salah satunya adalah membaca buku seperti  Love Sense yang ditulis oleh Dr. Sue Johnson. Simak poin-poin berikut ini agar hubungan kalian semakin lebih erat satu sama lain :

  1. Ketahui bahwa mencari kondisi yang membuat seseorang tenang dan nyaman merupakan suatu naluri manusia

Jadilah seseorang yang pertama dicari untuk dapat menenangkan perasaan pasanganmu. Sangat wajar bagi seseorang untuk memiliki kondisi emosional yang berbeda-beda. Kamu ataupun si doi terkadang merasa senang, sedih, gelisah, dan bahkan tak jarang juga kita menjadi bergantung kepada pasangan kita untuk mengatasi emosi tersebut karena merasa tidak dapat mengatasinya sendiri. Namun, selama tidak “terlalu” bergantung dan tetap menjaga batasan-batasan, hal ini memang dianjurkan agar keduanya tetap dapat stay connected kalau kata anak jaman sekarang.

      2. Yakinkan si dia bahwa kamu adalah “ruang aman” baginya.

Semakin kita dewasa, kita akan sadar bahwa cinta yang romantis adalah “ikatan keterikatan”. Ikatan keterikatan ini adalah hubungan secara emosional yang sudah terbentuk tanpa harus banyak mengucap kata cinta, layaknya hubungan ibu dan anaknya. Selain itu, seiring bertambahnya usia kita pun makin sadar bahwa si doi gak harus selalu ada secara fisik di sekitar kita, begitupun sebaliknya. Bangunlah komunikasi yang baik dalam hubungan kamu, usahakan kalian berdua tetap terhubung dan mengerti satu sama lain seolah-olah anak kembar yang dapat bertelepati. Sehingga ketika kamu dan si doi sedang tidak berada di tempat yang sama, masing-masing dari kamu tidak akan merasa khawatir terhadap hubungan yang ada. Jikalau ada masalah yang sedang dihadapi oleh si doi, kamu dapat menjadi ruang aman untuknya dan begitupun sebaliknya. Dengan begitu, yakin deh hubungan kalian akan menjadi lebih bermakna lagi.

     3. Sadarlah bahwa hubungan itu pasti mengalami pasang surut

Kamu dan si doi harus banget menerima dan menyiapkan diri ketika hubungan kalian sedang dilanda suatu masalah. pasangan teromantis dan terlanggeng di dunia ini bukanlah mereka yang tidak pernah mengalami masalah dalam hubungannya ataupun mereka yang selalu menghindari pertengkaran, namun mereka yang dapat memperbaiki permasalahan-permasalahan yang ada. Kamu maupun si doi masing-masing harus memberikan perhatian, menerima dan memenuhi kebutuhan satu sama lain, serta berkomitmen dengan satu sama lain.

Beritahu saja kepada dia apa yang kamu butuhkan secara langsung. Ketika kamu sedang merasa senang, sedih, ataupun yang lainnya, tunjukkan saja apa yang sedang kamu rasakan kepada dia tanpa harus memberikan kode-kode yang rumit dipahami. Saat kamu sedang memberikan reaksi terhadap sesuatu yang ia lakukan, pastikan kamu tenang dan tidak melakukan reaksi yang berlebihan.

Nah, dari beberapa penjabaran diatas mana aja yang belum kamu lakuin selama ini? Semoga hubungan kamu dengan pasangan makin langgeng yaa.. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Ghina Firsya