Improve Your Creativity with Journaling

Dulu waktu kecil, pasti kalian seneng kan nulis diary? Kaya “Dear diary, hari ini aku bla bla” wkwk ayoo ngaku, pasti pernah kan guys?

 

Nah, seiring berjalannya waktu nulis diary udah tergantikan oleh journaling. Tidak semua, tapi sekarang lagi trend yang namanya journaling. Apa sih journaling itu?

 

Dikutip dari laman ruangguru.com, “Journaling adalah menuangkan seluruh pikiran dan perasaan kamu ke dalam bentuk tulisan supaya kamu bisa memahaminya secara lebih jelas.

 

Sederhananya, journaling sama aja kayak nulis diary. Kamu boleh tulis apapun yang kamu mau. Kamu bisa tulis isi pikiran kamu, kejadian yang baru aja kamu alami, planning dan goals yang ingin kamu capai, atau emosi yang sedang kamu rasain.”

 

Nah sekarang udah tahu kan apa itu journaling, jadi kamu tertarik atau tidak untuk melakukannya? Kayanya sih, asik. Ayo kita simak apa aja bahan-bahan untuk journaling.

 

Dilansir dari laman idntimes.com, “Ada beberapa peralatan yang kamu perlukan untuk membuat bullet journal. Tidak perlu mahal, pakai alat tulis seadanya pun kamu masih tetap bisa membuat bullet journal, lho! Apa saja peralatannya ya?”

  1. Buku
  2. Binder
  3. Pensil dan Pena
  4. Correction Tape
  5. Highliter
  6. Brush Pen dan Calligraphy Pen
  7. Washi Tape
  8. Stiker

 

Wah, simpel banget kan untuk melakukan journaling. Jadi tunggu apa lagi nih guys? ayo journaling! Selain itu journaling juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

 

Yaitu dapat melatih kreativitas diri, karena ketika melakukan journaling, kamu dibebaskan untuk menulis apapun, kapanpun, dan bagaimanapun. Kamu juga bisa melatih kepekaan diri dalam menyadari segala hal yang terjadi dalam hidupmu dan mengidentifikasi seluruh emosi yang kamu rasakan. Journaling juga dapat membantu kamu merasa lebih damai, tentram, dan lebih mudah untuk mensyukuri berbagai hal yang terjadi dalam hidup.

 

Di zaman sekarang banyak hal-hal yang dapat meningkatkan skill kreativitas kita yaitu journaling, journaling juga bisa menyegarkan otak kita di tengah kesibukan. Ayo guys journaling!