Jangan Lupa Self-Love dan Self-Care di Masa Pandemi ini Ya!

Pandemi Covid-19 memang membawa dampak kita semua. Di level yang tinggi, ekonomi terganggu, tenaga kesehatan terengah-engah, dan pendidikan kocar-kacir. Di level individu, pandemi bikin banyak orang stres dan tertekan. Bukan hanya karena nggak bisa ketemu saudara ataupun hangout bareng teman, melainkan juga banyaknya kabar-kabar buruk yang tiap hari seliweran. Rasanya hari-hari jadi nggak tenang, apa-apa pun bikin resah dan deg-degan.

Makanya saat ini kita justru perlu memberi perhatian lebih ke diri sendiri. Dengan tetap merawat dan mencintai diri sendiri. Sehingga nggak cuma fisik yang prima, kesehatan mental pun tetap terjaga. Tapi gimana, sih, caranya merawat dan mencintai diri sendiri selama pandemi biar tetap hepi? Ini beberapa tips yang bisa YOTers terapkan.

1. Tingkatkan Asupan Makanan yang Meningkatkan Daya Tahan

candies

Soal kebersihan sih sudah pengetahuan umum, ya. Pakai masker ke mana-mana dan sering-sering cuci tangan adalah kewajiban. Bukan hanya mencegah tertular covid-19, dua hal itu juga berdampak positif kok untuk kesehatan kulit dan tubuhmu secara umum.

Nah, selain menjaga kebersihan, kamu juga harus “memanjakan” tubuhmu dengan makanan-makanan yang bergizi. Dengan asupan nutrisi yang terpenuhi, kamu akan hepi, tubuh pun sehat dan segar. Kamu jadi semangat deh menjalani aktivitas harian meski kondisi pandemi bikin pergerakan jadi serba terbatas.

2. Cuci Muka dan juga Mandi Secara Rutin, Ya. Biar Badan Bersih dan Pikiran Fresh

Hairdo

Siapa nih yang mentang-mentang sekolah online, jadi nggak mandi dan nggak cuci muka? Wajar sih, soalnya pasti banyak yang berpikir “ah, ngapain mandi pagi-pagi, toh, sekolahnya di dalam kamar ini”. Eits, rutinitas pagi yang positif itu jangan di-skip ya, mentang-mentang nggak berangkat ke sekolah lagi. Mandi pagi dan sarapan bergizi bisa bikin mood-mu membaik. Kan beda rasanya kamu sekolah online dengan penampilan baru bangun tidur dan masih setengah ngantuk, dengan sekolah online dalam keadaan sudah rapi dan wangi. 

Selain itu, meski nggak ke mana-mana, wajahmu juga harus dibersihkan dan dirawat dengan baik lho. 

3. Olahraga sih Tetap Wajib Ya!

wajib latfis

Mengurangi aktivitas di luar rumah bukan alasan untuk nggak berolahraga, ya. Kamu yang biasanya jogging seminggu sekali jangan jadi punya alasan untuk nggak jogging dulu terus gantinya rebahan.

Duh, padahal di masa seperti ini kamu justru harus perlu rajin olahraga untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Kalaupun olahraga jogging di luar mustahil kamu lakukan, kamu bisa menggantinya dengan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya senam aerobic, rutin melakukan plank, dan lain sebagainya. Tetap berolahraga ini salah satu cara merawat dan menyayangi dirimu sendiri di masa pandemi.

4. Jangan Bebani Dirimu dengan Terlalu Banyak Baca Berita Buruk di Media Sosial.

Worries

Pernah nggak sih kamu buka-buka media sosial, lalu merasa demam setelah membaca berita-berita seram yang beredar? Tentang jumlah kasus positif yang melonjak drastis lah, angka kematian yang tinggilah. Hal-hal semacam itu tanpa sadar memberi sugesti negatif dalam pikiranmu. Ujung-ujungnya kamu merasa demam, sakit tenggorokan, gangguan pernapasan, batuk, pilek, dan gejala-gejala lain yang merujuk ke Covid-19.

Bekali diri sendiri sama informasi tapi batasi informasi buruk yang kamu cerna. Tetap update perkembangan covid-19 nggak apa-apa, tapi seperlunya saja. Sadari juga saat kamu udah kebanyakan informasi sampai merasa cemas. Kalau udah mulai ngerasa nggak enak, mending cari hiburan-hiburan lucu yang bisa bikin pikiran fresh. Misalnya nonton konten bermanfaat di YouTube, baca-baca buku, nonton film, ataupun menekuni hobi lainnya.

Masa pandemi adalah masa-masa yang berat untuk kita semua. Karena itu, kita perlu lebih baik hati pada diri sendiri. Dengan cara-cara di atas, kamu nggak hanya merawat fisikmu, tetapi juga pikiranmu. Stay safe, ya

 

*** Original Article by Dokter Gen Z –  doktergenz.hipwee.com

Yuk baca artikel lainnya dari Dokter Gen Z!

Ketika Mengalami Cyberbullying: Lapor Kemana?

Ketahui Karakter Pasangan yang Berpotensi Ciptakan Toxic Relationship

7 Cara Mengurangi Risiko Kanker Payudara: Banyak yang Bisa Kamu Lakukan dari Sekarang

***