Kekuatan Bersyukur

Banyak sekali orang di dunia ini yang ingin meraih kesuksesan namun gagal merasakan sukses hanya karena dia kurang bersyukur. Bahkan ketika orang lain menganggapnya sukses ataupun merasa iri dengan apa yang dia punya, dia sendiri merasa tidak punya apa-apa. Kebanyakan orang selalu menghitung apa yang dia tidak punya bukan apa yang dia miliki dengan begitu dia merasa hidupnya gagal dan jauh dari kata “sukses”.  Lalu sebenanarnya apa sih hubungan syukur dengan sukses itu sendiri ?. Mengapa syukur bisa menjadi satu dari sekian banyak kunci sukses ?.  Okay, mari kita bahas satu persatu mengenai arti sukses dan syukur.

Sukses menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) adalah berhasil atau beruntung. Sedangkan syukur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI)  diartikan sebagai (1) rasa terimakasih kepada Allah dan (2) untunglah (menyatakan lega, senang dan sebagainaya. Jika dilihat dari artinya maka kesuksesan ada jika diiringi dengan rasa syukur. Apalah arti sukses jika seorang itu tidak tahu cara bersyukur, sebanyak apapun keberhasilan atau keberuntungan yang dia miliki maka dia tidak akan merasa sukses.

Selama ini masih sangat jarang dari kita yang mengingat kata “syukur” dan berterimakasih kepada Allah ketika berhasil/beruntung. Sebaliknya ketika mendapatkan kemalangan, kita langsung menyampaikan protes dan kesedihan kita kepada Allah. Kita juga seringkali memandang kearah orang-orang yang lebih dari kita kemudian kita merasa menjadi orang paling sengsara. Kita sampai lupa bahwa diluar sana masih banyak orang yang lebih buruk atau kurang beruntung dibandingkan kita. Jika sudah begini bagaimana kita akan merasa sukses ? maka dari itu syukur merupakan salah satu kunci kesuksesan.

Dengan bersyukur kita akan merasa cukup berbahagia dengan apa yang sudah kita raih selama ini dan terhindar dari pemikiran merasa gagal dihidup ini. Billy Boen dalam bukunya memasukkan syukur sebagai satu dari 35 kunci sukses di usia muda. Dalam bukunya Billy memberikan tips bersyukur yaitu dengan selalu mengingat ada yang lebih buruk dari kita, bukan untuk sombong tapi agar tetap semangat. Jadi untuk kalian semua yang ingin sukses jangan pernah lupa untu bersyukur. Karena tanpa adanya rasa syukur kesuksesan itu tidak akan pernah ada.