Lebaran Segera Tiba, Yuk Tunaikan Zakat Fitrah!

Sumber Gambar: Freepik.com/macrovector

Idulfitri tinggal menghitung hari dan zakat fitrah menjadi penyempurnaan ibadah di bulan Ramadan ini. Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa umat muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan sebagaimana hadis Ibnu Umar ra:

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat”. (HR. Bukhari Muslim)

Selain dimaknai sebagai menyucikan diri dari dosa-dosa yang pernah dilakukan selama menjalankan ibadah puasa, zakat fitrah juga dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu serta berbagi kemenangan di hari raya.

Lalu gimana sih cara menghitung zakat fitrah? Zakat fitrah dapat dikeluarkan dalam bentuk beras atau makanan pokok sebesar 2,5 kg atau 3,5 liter setiap orangnya. Kamu juga bisa menunaikan ibadah zakat fitrah ini dengan uang tunai, menyesuaikan dengan harga beras yang kamu konsumsi.

Nah, untuk waktu pembayarannya bisa dilakukan pada awal Ramadan dan paling lambat sebelum melaksanakan solat Idulfitri lho. Jadi, apakah kamu sudah membayar zakat fitrah YOTers? Yuk, tebar keberkahan di penghujung Ramadan ini melalui zakat fitrah!

Penulis: Rahmi Izati