MEDIA SOSIAL DAN DIGITAL MARKETING dalam Membentuk Branding

Halo YOTers! kalian pasti udah pernah melihat sebuah iklan suatu produk di sosial media yang yang melekat di hati masyarakat. Namun, apakah kalian tau apa maksud dari iklan tersebut? iklan tersebut bermaksud untuk membentuk branding pada suatu produk agar bisa memasarkan produk dan mandapatkan hati di masyarakat.

Apa itu Branding?

Sebuah kegiatan yang tujuannya adalah untuk membuat produk dan jasa Anda tertancap kuat di dalam pikiran dan hati konsumen.

Apa branding itu perlu? perlu dong, agar produk/jasa mudah diingat, menarik niche, dan dipercaya oleh masyarakat.

Branding di mana?

Salah satu media yang dapat kamu gunakan untuk membangun branding adalah “Digital Marketing” yaitu media sosial, seperti platform media sosial Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, Linkedin, TikTok, dan lain-lain.

Nah, jika kalian sudah tau apa itu branding dan di mana branding itu dilakukan, sekarang kalian perlu mengetahui konten apa yang diperlukan untuk membranding suatu produk/jasa.

Berikut ini adalah tips buat kamu yang pengen memulai branding di media sosial!

  1. Perhatikan siapa yang menjadi target audiens kamu. Di media sosial mana mereka ‘nongkrong’, berapa umur mereka, tren apa yang sedang mereka ikuti, hal apa yang mereka sukai atau lakukan tiap hari. Cocokkan karakteristik ini dengan apa yang menjadi keahlian kamu. 
  2. Buat tipe-tipe konten sesuai dengan target audiens kamu. Jangan jualan terus, karena media sosial itu tempat orang ‘beristirahat’ dan mengisi waktu luang. Buat konten yang kira-kira worth to share agar konten kamu disebarkan ke orang yang belum mengenal kamu.
  3. Buat kalender konten untuk mengatur konten apa yang akan di-post, kapan waktunya nge-post, melihat persebaran tipe konten, dll.
  4. Riding the trend is a must! Ikuti tren yang sedang berlaku di media sosial untuk mendapatkan perhatian manusia dan algoritma. The goal is: be relevant!
  5. Baik personal branding maupun business branding, undang interaksi.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat konten branding sebuah produk/jasa. Selamat Mencoba YOTers!

 

 

Sumber : Workshop Digital Marketing YOT Bogor Day 1, Narasumber :

Juhniarto Roma Tandipasau (Digital Performance Marketer @ Ruangguru)