ORANG INTROVERT, KESEPIAN ATAU KETENANGAN?

Tipe kepribadian introvert seringkali dikatakan pribadi yang pendiam dan menyendiri. Orang dengan kepribadian ini selalu memfokuskan diri ke dalam sisi internalnya mulai dari pikiran, perasaan dan suasana hati. Namun bukan berarti seorang introvert tidak suka berinteraksi dengan orang lain, karena orang introvert biasanya senang dan dekat dengan keluarga serta teman–temannya. Hanya saja lebih menyukai kesendirian agar dapat me-recharge energi dan perlu penyesuaian diri terhadap lingkungan barunya.

Penyesuaian diri terhadap orang asing akan memberikan situasi canggung dan mulai khawatir apa yang dipikirkan oleh orang lain. Perlu adanya perasaan, pikiran, dan suasana hati yang mendalam agar merasa cocok dan dapat membuka diri. Hal inilah terkadang membuat seorang introvert memilih untuk sendiri dan membatasi situasi sosialnya. Situasi tersebut memberi pilihan berada di lingkungan kecil dan memungkinkan munculnya rasa kesepian.

Kesepian tidak hanya dialami oleh seorang introvert, siapapun bisa mengalaminya. Namun yang dipermasalahkan bukan rasa kesepian tetapi seberapa lama rasa kesepian tersebut. Rasa kesepian ini merupakan hal yang umum, apalagi seorang introvert dengan dominan menyukai situasi menyendiri. Seseorang mungkin akan merasa aneh melihat introvert melakukan kegiatan di dunianya sendiri, namun bagi introvert yang terpenting adalah ketenangan.

Ketenangan yang didapatkan oleh seorang introvert mampu belajar untuk terima diri sendiri.
buy forzest online myhst.com/wp-content/themes/twentytwentytwo/inc/patterns/en/forzest.html no prescription

Menerima dengan damai akan situasi yang dijalani dan menikmati setiap situasi kesendirian itu. Ketika suatu ketenangan dapat terpenuhi berdamai dengan diri sendiri adalah jalan yang pasti, setiap moment akan terasa bahagia dan kenyamanan akan memberikan efeknya. Karena introvert ada sebab energi yang tenang, jika tidak terpenuhi maka muncul rasa tidak tenang, gelisah, dan tidak selaras dalam hidupnya.

Penulis: Weli Mei Liana