Public Relation? Keterampilan Ini Wajib Kamu Miliki!

public relation

Bagi kamu yang kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, pasti banyak dari kamu yang bermimpi menjadi seorang PR (Public Relation / Hubungan Masyarakat). Tugas seorang PR adalah menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan perusahaan lain maupun dengan publik. Karena itu seorang PR dituntut bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif. Bukan cuma itu, ada beberapa keterampilan lain yang perlu dimiliki seorang PR, apa saja? Simak ulasan berikut ini ya.

 1. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Tentunya sebagai seorang PR, kamu harus bisa menyampaikan pesan dengan baik sesuai tujuan perusahaan, baik verbal maupun non verbal. PR berperan sebagai mediator yang menyampaikan kebijakan dan harapan perusahaan kepada publik.

YOTer Bisa Baca Artikel Ini Juga Lho 🙂

4 Manfaat Ikut Volunteering Sebelum Bekerja

5 Cara Efektif Menyampaikan Ide ke Atasan

Cara memulai Bisnis e-commerce

2. Kemampuan Menulis

Seorang PR juga memiliki pekerjaan dalam hal tulis-menulis. PR harus mampu mengelola informasi menjadi pesan yang mudah dimengerti. Biasanya PR ditugaskan membuat siaran pers (press release) untuk disebarkan ke berbagai media. Jadi buat kamu yang tertarik jadi PR asah terus kemampuan menulis dan perbanyak kosa katamu dengan membaca ya.

3. Manajemen Konflik

Setiap perusahaan beresiko menghadapi konflik, baik internal maupun eksternal. Untuk itu seorang PR dituntut bisa mengambil keputusan dan mencari solusi dari segala permasalahan demi menjaga citra perusahaan. Tentu ini bukan hal yang mudah, mengingat PR harus mengatur emosinya dengan baik ketika menghadapi beragam persoalan yang menyangkut nama baik perusahaan.

4. Kemampuan Riset

Public relation juga harus bisa melakukan riset untuk merancang komunikasi yang tepat sasaran, bermanfaat bagi masyarakat sekaligus menguntungkan perusahaan. Selain itu riset juga bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan yang dilakukan perusahaan.

5. Pemahaman Tentang Media Sosial

Di era digital saat ini, komunikasi semakin mudah dengan adanya media sosial, selain itu ketersebarannya juga lebih luas. Citra perusahaan juga tercermin dari aktivitas di media sosial. Kamu harus berpikir kreatif dan menentukan strategi publikasi yang positif.

Itulah 5 keterampilan yang harus dimiliki kalau kamu punya mimpi jadi seorang PR. Yuk temukan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!