Stasiun Kediri

Secara garis besar stasiun kereta api adalah fasilitas operasi kereta api atau tempat kereta api berhenti secara teratur untuk menaikturunkan penumpang atau membongkar muat barang. Umumnya setidaknya setiap stasiun memiliki satu peron di sisi jalur rel dan bangunan utama yang menyediakan layanan tambahan seperti penjualan tiket dan ruang tunggu YOTers. Begitu juga dengan stasiun Kediri.

Stasiun Kediri(KD) merupakan stasiun kereta api besar yang terletak di Jl. Stasiun Kediri, Semampir, Kediri, lebih tepatnya di jalan stasiun yang berada di timur Jalan Dhoho, Kediri.

Stasiun Kediri dibuka pada tanggal 13 Agustus 1882.
buy ventolin online www.parkviewortho.com/wp-content/languages/new/prescription/ventolin.html no prescription

Pada tahun itu nama stasiun sebelumnya adalah Station Kediri.

Dengan status bangunan stasiun Kediri yang masih asli dan tidak mengalami perubahan, hal ini yang akhirnya sedang dikaji oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur sebagai cagar budaya. Sebagian dari bangunan ini telah direnovasi serta ditingkatkan untuk menampung fasilitas lain.

Meskipun, ornamen pada bangunan stasiun di bagian atap yang sempat menjadi ciri khas sudah tidak terlihat. Namun kalian bisa melihat ornament yang serupa pada bagian depan Stasiun Mojokerto.

Arsitektur Stasiun Kediri bergaya Indische Empire, sama seperti di stasiun Staatsspoorwegen lainnya, dengan memiliki dinding tinggi serta memiliki ornamen besi tempa serta jalusi besi. Selain itu pola-pola ruangan disusun secara linier dari utara ke selatan menghadap ke arah barat memberikan karakter horizontal yang kuat. Pada pintu stasiun terbuat dari kayu, kaca, dan sebagian berupa pintu dan jendela krepyak. Di dinding bagian luar dan juga dalam dibuat dari batu bata setebal 30 sentimeter dan di cat putih.

Jika kita melihat kea rah selatan dari Stasiun Kediri, terdapat rell menuju Jombang melalui Pare yang terletak di ujung selatan stasiun dan masih dapat terlihat. Tetapi kini sudah tidak aktif lagi dan wesel juga sudah lama dicabut. Kemudian, terdapat percabangan jalur di sebelah selatan stasiun menuju Depo Pertamina Kediri yang kini juga sudah tidak aktif lagi.

Untuk kalian YOTers yang suka menikmati perjalan Panjang dengan di sepanjang jalan sekaligus menikmati pemandangan indah, ini adalah salah satu alat tranportasi yang bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga hemat. Setelah membaca artikel ini, kota mana yang akan kalian kunjungan dengan memakai alat transportasi stasiun? Silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ya YOTers!

By : Arneta Tiana Errela

Referensi : https://id.m.wikipedia.org.